Merak (ANTARA News) - Kendaraan pribadi warga yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera untuk menghabiskan liburan hingga pagi ini masih memadati Dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

"Kepadatan kendaraan pribadi terjadi sejak dini hari hingga pagi ini," kata Bagian Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Otoemo.

Sementara itu, mobil-mobil truk sebagian masih tertahan di Jalan Cikuasa Atas Cilegon, sekitar 300 meter menuju Pelabuhan Merak.

Ia memperkirakan arus penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, Lampung, masih akan padat hingga malam ini.

ASDP Merak menyiapkan 27 kapal Ro-Ro, yang menurut hasil uji petik layak beroperasi, untuk melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni.

Mario memperkirakan selama libur 5-8 Mei penumpang kapal penyeberangan bisa meningkat hingga 200 persen dan jumlah kendaraan yang menyeberang naik sekitar 6,5 persen.

Kebanyakan penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung itu untuk mengunjungi objek wisata sehingga tidak terjadi kemacetan panjang.

Pewarta: Mansyur
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016