Makassar (ANTARA News) - Ratusan "off roader" memanaskan ajang spesial bertajuk " (ORX)" seri V yang mulai dilaksanakan pada Jumat hingga 8 Mei 2016.

Ketua Panitia ORX-V, Andi Asruddin Bahar di Makassar mengatakan untuk kegiatan ini diikuti sebanyak 90 untuk kendaraan mobil 4X4 serta motor drag bike 2X1 sebanyak 41 unit kendaraan.

"Kami memang melakukan pemeriksanaan ketat untuk setiap jenis kendaraan yang mendaftar. Hasilnya, hanya 90 kendaraan 4X4 yang lolos dan sebanyak 41 drag bike yang bisa diperkenankan ambil bagian," kata Andi, Jumat.

Adapun para peserta yang akan terlibat bukan hanya berasal dari sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, namun juga beberapa provinsi lain termasuk beberapa dari wilayah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, DKI Jakarta, Papua hinggga perwakilan Negara Malaysia.

Dari ratusan off roader yang terlibat, kata dia, pada umumnya membawa kendaraan sendiri seperti dari dari Gorontalo (dua kendaraan), Kendari (Sulteng), Sulbar, dan Palu, Sulawesi Tenggara yang membawa hingga delapan kendaraan untuk mengikuti kegiatan petualangan tersebut.

"Khusus untuk kendaraan roda dua atau drag bike memang hampir seluruhnya membawa sendiri kendaraannya. Namun untuk jenis mobil 4X4, memang ada beberapa namun kita telah menyiapkan untuk peserta," katanya.

Pengurus IOF Sulsel, Januar Jaury, mengatakan ekpedisi ini memang akan melintasi sejumlah daerah mulai star dari Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan berakhir di Kabupaten Bulukumba.

"Jalur yang akan dilalui peserta ORX ini memang lebih ekstrem karena akan melintasi hutan tropis basah, termasuk melintasi kaki gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang,"jelasnya.

"Seluruh peserta telah meninggalkan Makassar pada pagi ini dan starnya dimulai dari Monumen Mandala," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016