Saya sejak lama percaya narapidana seharusnya tidak boleh diberi fasilitas menikmati pemandangan pantai."
Perth (ANTARA News) - Penjara terbesar di Australia akan segera berdiri di kawasan barat daya kota Sydney, negara bagian New South Wales (NSW), menggantikan penjara Long Bay yang terletak di Malabar, sebuah kawasan di tepi pantai.

"Long Bay berada di kawasan sangat bagus untuk bisnis properti sebab lokasinya yang dekat dengan pantai, bandara dan kota," kata Menteri Urusan Penjara David Elliott seperti dikutip jaringan berita Nine News.

"Saya sejak lama percaya narapidana seharusnya tidak boleh diberi fasilitas menikmati pemandangan pantai," tambah David.

Sementara itu penjara baru yang akan dibangun berkapasitas hingga 5.000 orang, atau hampir separuh dari total penghuni berbagai penjara di NSW yaitu 12.000 tahanan.

Tiga lokasi di Wollondilly sedang dijajaki dan diperkirakan bakal menjadi lokasi penjara baru.

Rencana pembangunan penjara ini berkembang setelah Premier NSW, Mike Baird, membatalkan rencana pembukaan kembali penjara Parramatta untuk menampung 300 orang narapidana.

Usulan soal bekas penjara Parramatta mendapat penolakan dari Menteri Perencanaan Rob Stokes dan anggota parlemen dari Parramatta, Geoff Lee.

Selain penjara baru di Wollondilly, satu penjara baru lainnya juga akan dibangun di Grafton pada tahun 2019 yang daya tampungnya untuk 1.700 orang.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016