Mudah-mudahan keberadaan kapal wisata milik Pemkot dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat."
Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Kota Jayapura kini membeli kapal wisata yang nantinya akan beroperasi mengelilingi Teluk Humbold dan Teluk Youtefa.

Kapal wisata senilai Rp6 miliar itu nantinya mampu mengangkut sekitar 120 orang itu kini dalam tahap pengerjaan dan nantinya dikelola dinas perhubungan bekerja sama dengan dinas pariwisata kota, kata Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Dikatakan, kapal tersebut nantinya akan beroperasi mengelilingi kedua teluk dan akan singgah di beberapa lokasi seperti pulau Mutu Debi, penangkapan penyu di Skouw dan lainnya.

Saat ini pemkot sedang menyiapkan masyarakat yang kampungnya menjadi lokasi persinggahan bagi kapal wisata sehingga mereka bisa menyediakan souvenir yang nantinya dijual kepada para penumpang kapal.

"Mudah-mudahan keberadaan kapal wisata milik Pemkot dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat," harap Tommy Mano.

Menurutnya, selain membeli kapal wisata yang akan mengelilingi Teluk Humbolt dan Teluk Youtefa, Pemkot juga sudah merencanakan untuk mereklamasi pantai yang ada di depan kantor gubernuran.

Namun berapa panjang dan dana masih dalam perhitungan, kata Walkot Jayapura yang juga menjabat Ketua Umum Persipura seraya menambahkan nantinya kawasan itu dijadikan lokasi wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia.

Untuk reklamasi pantai Dok 2 hingga kini belum dipastikan kapan dikerjakan karena masih dalam tahap perencanaan, kata Tommy Mano.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016