Bukittinggi (ANTARA News) - Objek wisata Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ramai oleh pengunjung yang tengah memanfaatkan masa libur panjang 5 hingga 8 Mei 2016.

Salah seorang pengunjung asal Payakumbuh, Rahmat di Bukittinggi, Jumat, mengatakan Jam Gadang merupakan destinasi yang harus ia kunjungi bersama rekan-rekannya bila berkunjung ke daerah itu.

"Saya memang sering singgah ke Bukittinggi, tapi jika dalam kesempatan liburan, rasanya belum bisa disebut liburan ke Bukittinggi bila belum ke Jam Gadang," katanya.

Ia mengatakan, usai mengunjungi Bukittinggi, selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke Kota Padang untuk menikmati wisata pantai.

Wisatawan lainnya asal Jakarta, Nia mengatakan, kunjungannya ke daerah itu pada libur panjang tersebut bukan kunjungan pertama baginya.

"Ini bukan kunjungan pertama ke Bukittinggi, karena Jam Gadang merupakan ikon wisata, jadi sayang dilewatkan untuk tidak kembali berfoto di taman Jam Gadang ini," ujarnya.

Sementara, untuk pengamanan objek wisata Jam Gadang pada libur panjang itu, dikerahkan sebanyak 25 personel yang berasal dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, POM TNI dan Polri.

"Pengamanan dilakukan dalam dua shift, yaitu pukul 8.00 sampai 18.00 WIB dan pukul 19.00 sampai 24.00 WIB. Setiap shift terdiri dari 25 orang," kata Ketua Harian Tim Pengamanan, Mahmud.

Ia mengimbau agar setiap pengunjung senantiasa berhati-hati terhadap barang bawaannya dan agar mengawasi anak dengan baik serta selalu menjaga kebersihan.

"Hingga saat ini kondisi aman dan terkendali, belum ada laporan yang masuk. Kami harap para pengunjung dapat menikmati masa libur panjang dengan senang di Bukittinggi," katanya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016