Merak (ANTARA News) - Arus kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, relatif normal dan penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung lancar.

"Kami terus bekerja keras dengan menyiapkan petugas pengatur lalu lintas mulai dari loket hingga dermaga," kata Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna di Merak, Kota Cilegon, Jumat.

Kemungkinan kendaraan akan meningkat melalui Pelabuhan Merak pada malam hari karena mereka lebih memilih perjalanan menyeberang ke Lampung pada dinihari.

ASDP Merak kini membuka delapan loket penjualan tiket e-ticket atau elektronika tiket guna memperlancar lalu lintas.

Diperkirakan ribuan kendaraan pribadi dan truk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni dalam beberapa hari terakhir. Apalagi beberapa hari terakhir cuaca di Perairan Selat Sunda bagian utara normal.

"Kami menyiapkan kapal "roll on roll of" atau ro-ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni sebanyak 90 trip," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya kini memfokuskan pelayanan agar para penumpang yang ingin mengisi liburan akhir pekan bisa terlayani dengan baik.

Pelayanan itu menjadikan komitmen ASDP untuk memberikan jasa penyeberangan hingga selamat sampai tujuan.

Untuk itu, pihaknya memperketat pengawasan kapal sehingga perjalanan penyeberangan mengutamakan keselamatan juga ketepatan kedatangan dan keberangkatan.

"Kami komitmen untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang memanfaatkan libur panjang akhir pekan itu," katanya.

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan melalui Pelabuhan Merak berjalan lancar sehingga penumpang yang ingin mengisi liburan di Pulau Sumatera bisa langsung diseberangkan.

ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal roro untuk melayani masyarakat yang hendak liburan panjang ke Pulau Sumatera.

"Kami yakin lonjakan penumpang pascaliburan akan terjadi Minggu (8/5)," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016