Kudus (ANTARA News) - PT Pura Group Kudus, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan sederajat ke 35 kabupaten/kota, Sabtu dini hari.

Hadir pada acara pengiriman naskah soal ke 35 kabupaten/kota di Jateng itu, yakni Kepala Dinas Pendidikan Jateng Nur Hadi Amiyanto, Kasi Kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng Nur Abadi, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

Pengiriman naskah soal UN secara simbolis diawali untuk daerah tujuan Kabupaten Cilacap, Pemalang, dan dilanjutkan kabupaten/kota lainnya secara berurutan dengan jarak tempuh yang tidak terlampau jauh.

General Affair Unit Total Security System PT Pura Mulyani di Kudus, Sabtu, mengungkapkan, jumlah naskah soal UN tingkat SMP dan sederajat yang dikirimkan ke 35 kabupaten/kota sebanyak 2.391.112 juta set naskah.

Dari naskah sebanyak itu, meliputi naskah utama sebanyak 2.366.066 set naskah termasuk naskah soal UN cadangan serta naskah soal UN susulan sebanyak 25.046 set.

Ia memperkirakan, naskah soal UN untuk wilayah terjauh, seperti Kabupaten Cilacap sampai di tepat tujuan sekitar pukul 07.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Jateng Nur Hadi Amiyanto menyebutkan, peserta UN berbasis kertas atau UN Paper Based Test (UNPBT) tahun ini untuk tingkat SMP dan sederajat sebanyak 733.581 orang yang berasal dari 83.163 satuan pendidikan.

Adapun rinciannya, untuk siswa SMP 387.924 siswa dari 3.105 satuan pendidikan, MTs sebanyak 140.176 siswa dari 1.629 satuan pendidikan, SMPLB sebanyak 190 siswa dari 77 satuan pendidikan dan paket B sebanyak 15.481 siswa dari 1.429 satuan pendidikan.

Pengiriman naskah soal UN ke 35 kabupaten/kota ini, kata dia lagi, sesuai jadwal yakni H-2 pelaksanaan UN yang dimulai Sabtu (7/5)pukul 00.00 WIB.

Terkait dengan kemungkinan adanya kekurangan amplop yang berisi naskah soal UN, katanya, ketika sampai di kabupaten/kota perlu dilakukan pengecekan ulang.

"Jika ada permasalahan, segera berkoordinasi dengan posko UN," ujarnya.

Kasi Kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng Nur Abadi menambahkan, jumlah peserta UN dari MTs tahun ini ada peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu.

Jumlah peserta UN tahun ini, kata dia, mengalami kenaikan sebesar 3.674 siswa dibandingkan jumlah peserta UN tahun 2015.

Ia berharap, pendistribusian naskah soal UN bisa sampai di tempat tujuan masing-masing dengan lancar tanpa hambatan.

Jadwal pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan sederajat dimulai Senin (9/5) hingga Kamis (12/5).

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016