Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak 10.000 orang mengunjungi pameran An-Nur Agrowisata Expo 2016 yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru yang melibatkan puluhan penggiat pertanian dari seluruh provinsi Riau.

"Sejak dibuka oleh Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman kemarin (6/5), pengunjung terus meningkat. Tercatat dalam dua hari ini, 10.000 orang telah mengunjungi kegiatan ini setiap harinya," kata Ketua Panitia Annur Agro Wisata Expo Tengku Arif Fadhillah kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Ia memprediksikan, jumlah tersebut akan terus meningkat pada hari Minggu besok (8/5) karena bersamaan dengan hari terakhir dari rangkaian libur panjang akhir pekan ini.

Meski begitu, ia mengatakan masyarakat masih dapat menikmati pameran agrowisata yang diselenggarakan di pelataran masjid Agung An-Nur Jalan Hang Tuah, Kota Pekanbaru hingga 15 Mei 2016 mendatang. Untuk itu, ia berani menargetkan hingga akhir pelaksanaan, bakal ada 100.000 pengunjung yang mengunjungi gelaran pameran tersebut.

Lebih jauh, ia merincikan secara total terdapat 81 saung atau tenan yang bisa dikunjungi para pengunjung. Dari 81 saung yang ada, 38 lainnya merupakan tenda-tenda yang memamerkan beragam produk pertanian.

"Mayoritas memang diisi oleh produk pertanian. Di sini, para penggiat tani mulai dari hortikultura hingga perkebunan serta pupuk organik memamerkan penemuan dan produk andalannya. Seperti salah satunya Teh Bawang Dayak yang mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk tubuh dan kesehatan," jelasnya.

Selain saung pertanian, pengunjung juga dapat mengisi liburan dengan mengunjungi tenan yang menjual beragam kuliner menyehatkan yang merupakan produk turunan dari hasil pertanian. "Ada jamur "Crispy" dan teh Bawang Dayak, kemudian juga yang belum pernah mencoba teh daun gaharu, bisa dicoba di sini," jelasnya.

Kemudian, menjelang Ramadhan, pengunjung bisa memilih beragam pakaian muslim yang turut disediakan di lokasi tersebut.

Dari pantauan Antara, terlihat antusiasme pengunjung yang mengunjungi satu persatu tenan. Terpantau pengunjung berkonsultasi secara gratis untuk yang berminat mengembangkan pertanian secara rumahan. Beberapa diantaranya terlihat mengerebungi salah beberapa produk herbal.

Selain pameran agrowisata, Tengku juga mengatakan kegiatan itu turut dimeriahkan dengan "talk show" terkait budidaya tanaman, lomba "juice day", pasar lelang dan acara lainnya. Semuanya bisa diikuti secara gratis.

Pewarta: Fazar/Anggi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016