Bantul (ANTARA News) - Objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikunjungi sebanyak sekitar 59.700 wisatawan dari berbagai daerah selama libur panjang akhir pekan sejak Kamis (5/5) sampai Minggu (8/5) siang.

"Jumlah kunjungan yang terdata di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Induk Parangtritis tersebut sudah termasuk wisatawan yang berkunjung ke Pantai Depok," kata Koordinator TPR Induk Parangtritis, Rohmad Ridwanto di Bantul, Minggu.

Menurut dia, jumlah pengunjung yang tercatat di TPR tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul yang sebanyak 50.000 wisatawan selama empat hari libur panjang akhir pekan ini.

"Pengunjung rata-rata menggunakan bus pariwisata, mobil pribadi roda empat dan sepeda motor, namun sebagian besar yang liburan ke kawasan Parangtritis dari rombongan siswa sekolah," katanya.

Ia mengatakan, puncak kunjungan wisatawan ke Parangtritis dan Depok yang ada di sisi baratnya, terjadi pada Kamis (5/5), yang berjumlah sebanyak 19.100 pengunjung, sementara pada hari setelahnya, jumlah wisatawan mengalami penurunan.

"Kalau hari Jumat (6/5) ada sebanyak 18.500 pengunjung, kemudian Sabtu sebanyak 14.500 pengunjung, sementara hari Minggu sampai pukul 13.30 WIB sebanyak 7.600 pengunjung. Ini terus bertambah," katanya.

Meski demikian, kata dia, jumlah pengunjung Pantai Parangtritis setiap hari selama libur panjang akhir pekan mengalami lonjakan signifikan dibanding hari-hari biasa yang dikunjungi sekitar 3.500 sampai 4.500 orang per hari.

Rohmad mengatakan, meski terjadi lonjakan jumlah pengunjung dibanding hari biasa, namun menurutnya tidak menimbulkan kemacetan panjang atau antrean kendaraan wisatawan di depan TPR saat pembayaran retribusi masuk wisata.

"Tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang, lalu lintas teta lancar, itu karena kami sudah mengantisipasi dengan menambah petugas TPR, sehingga wisatawan dapat terlayani dengan maksimal," katanya.

Rohmad mengatakan, jumlah personel yang disiagakan di TPR Induk Parangtritis dan Depok sebanyak 13 orang, terdiri tujuh orang petugas TPR, dan enam orang petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016