Amman (ANTARA News) - Jet-jet tempur Suriah menyerang para militan dekat Aleppo, kota di bagian utara Suriah, pada Ahad, kata kedua pihak sementara pemerintah berusaha mendesak mundur gerak maju peemberontak di kawasan tersebut.

Puluhan serangan udara mengenai kawasan dekat kota Khan Touman, yang para pemberontak rebut dari pasukan yang setia kepada pemerintah dan sekutunya Iran Kamis malam, demikian pemberontak dan media negara melaporkan.

Aleppo - salah satu kota yang memiliki nilai strategis dalam perang saudara di Suriah yang memasuki tahun keenam -- telah terbagi menjadi kawasan-kawasan yang dikuasai pasukan pemerintah dan pemberontak. Kawasan sekitar juga dilintasi oleh rute-rute pasukan bernilai ke Turki, negara tetangga Suriah.

Tentara Suriah menyatakan pihaknya telah menyerang apa yang dilukiskannya sebagai sarang-sarang kelompok teroris pada Ahad, tetapi tidak memberikan rincian tentang capaian yang mereka peroleh dari sisi teritorial.

Manar, media kelompok Hizbullah dukungan Iran yang menyokong pasukan pemerintah Suriah di kawasan itu, menyatakan pertempuran sengit sedang terjadi melawan para pemberontak yang beraliran Sunni.

Pasukan pemerintah telah membuat kemajuan berarti di kawasan bagian utara itu setelah sekutu utama mereka, Rusia, memasuki perang itu pada September.

Tetapi penguasaan Khan Touman pada Kamis oleh aliansi pejuang yang dikenal deengan nama Jaish al-Fatah, termasuk Front Nusar yang berafiliasi dengan Alqaida, menandai serangan balik pasukan yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Jatuhnya kota di sebelah selatan Apello itu merupakan pukulan khusus bagi tentara Iran yang menderita satu kehilangan terbesar dalam sehari dalam konflik tersebut.

(Uu.SYS/B/M016/B/M016) 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016