Le Mans (ANTARA News) - Maverick Vinales sukses mempersembahkan podium pertama untuk Suzuki sejak Brno 2008 ketika finish di urutan ketiga setelah Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di balap MotoGP Le Mans, Prancis, Minggu.

Viñales memulai balapan dari posisi start delapan, namun melorot ke posisi sembilan setelah lap pertama. Pembalap Spanyol 21 tahun itu kemudian berjuang melewati Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) untuk berada di urutan kedelapan di lap ketiga.

Berikutnya ia menyusul rekan setimnya Smith Pol Espargaro, pada lap selanjutnya untuk naik ke urutan ketujuh. Andrea Iannone (Ducati Team) yang kemudian jatuh ketika berada di posisi kedua, tersingkir dari balapan.

Situasi itu menguntungkan bagi pebalap di belakangnya, termasuk Vinales yang secara otomatis naik ke posisi keenam ketika balapan sudah memasuki lap ketujuh.

Setelah menyusul satu per satu pebalap di depannya, Vinales akhirnya finish di urutan ketiga karena dua pebalap Honda, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez jatuh di tikungan yang sama dan tersingkir juga dari balapan.

Berhasil mempertahankan posisinya dari ancaman pebalap Honda Dani Pedrosa, Vinales finish dengan catatan waktu 14,177 detik lebih lambat dari catatan waktu pebalap tercepat Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP).

Viñales yang mengantongi poin 49 sekarang berada di urutan kelima klasemen, 41 poin di belakang pemuncak Lorenzo dan tujuh poin dari rekan setimnya Aleix Espargaro.

"Ini suatu perasaan khusus untuk berada di podium, kami melakukan pekerjaan yang luar biasa. Kemarin begitu sulit, sangat sulit, karena saya tidak merasa sangat baik dengan motor (saya), tapi pagi ini kami menemukan setup baru," kata Vinales.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016