Manado (ANTARA News) - Jelang Bulan Suci Ramadhan harga daging sapi di sentra perdagangan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih dalam kondisi stabil.

"Saat ini harga daging sapi di Kota Manado sebesar Rp97.500 per kilogram (kg), harga ini masih sama dengan sesi perdagangan beberapa pekan sebelumnya," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong di Manado, Senin.

Hanny mengatakan pihaknya akan terus memantau dan mengawasi sehingga harga daging sapi di Kota Manado tetap stabil dan mampu memnuhi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan akan meningkat jelang Ramadhan.

"Kendati harga daging sapi di beberapa provinsi di Indonesia naik cukup signifikan, tapi di Sulut masih stabil," katanya.

Menurut dia, stabilnya harga daging sapi di Sulut karena pasokan daging dipenuhi dari produksi lokal.

Selama ini, katanya, Sulut hanya mengkonsumsi daging produksi peternak lokal sehingga harga tetap terkendali, dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dia menjelaskan meskipun ada perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal, produksi daging sapi di Sulut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah terus melakukan pengawasan dan pemantauan sehingga harga kebutuhan pokok masyarakat di Sulut tetap stabil dan stok dalam keadaan aman.

"Kami bukan hanya melakukan pemantauan di tingkat pedagang, tapi ke sentra produksi dan pedagang pengumpul, agar kelihatan stok tetap aman," katanya.

Dia mengatakan agar masyarakat tidak perlu khawatir karena stok daging sapi di Sulut masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kalaupun terjadi kenaikan harga, pasti hanya tipis akibat kondisi jelang perayaan Ramadhan," jelasnya.

Pewarta: Nancy LT
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016