Jakarta (ANTARA News) - Wakil Perdana Menteri China Yang Jiechi menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral di sektor ekonomi.

Menurut pantauan Antara di Istana Merdeka pada Senin siang, rombongan pemerintah China tiba di Istana pada sekitar pukul 13.30 WIB.

Jiechi menyampaikan kepada Jokowi pemerintahnya berkeinginan untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi yang lebih luas bersama Indonesia.

Dia mengatakan rombongan yang sebagian besar merupakan menteri dan pejabat di bidang ekonomi telah mendapatkan pemaparan mengenai potensi kerja sama dengan Indonesia saat bertemu Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Sejumlah pejabat China yang hadir antara lain Dubes China untuk Indonesia Xie Feng, Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zenmin, Wakil Menteri Pertanian China Yu Kangzhen dan Wakil Menteri Perdagangan China Gao Yan dan Wakil Ketua Komisi Reformasi serta Pembangunan Nasional China Wang Xiaotao.

Sementara itu, sejumlah menteri Indonesia yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan antara lain Menko Darmin, Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelum menemui Presiden, delegasi China telah melakukan pertemuan dengan Menko Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut pihak China menyampaikan rencana pembentukan "China Desk" di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta rencana kesepakatan penggunaan mata uang China Renmimbi.

Selain itu, Indonesia juga akan membentuk Pusat Promosi Investasi Indonesia di Negeri Tirai Bambu.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016