Atlet yang akan kami kirim sebanyak 10 orang berdasarkan pengumuman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tentang atlet-atlet yang lolos kualifikasi Olimipiade Rio,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia menetapkan 10 pemain bulu tangkis Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil 2016 mendatang.

"Atlet yang akan kami kirim sebanyak 10 orang berdasarkan pengumuman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tentang atlet-atlet yang lolos kualifikasi Olimipiade Rio," kata Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Sepuluh atlet bulu tangkis Indonesia itu adalah Tommy Sugiarto pada tunggal putra, Linda Wenifanetri pada tunggal putri, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada ganda putra, atlet ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, serta dua pasangan atlet ganda campuran yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

PBSI memutuskan Linda sebagai wakil Merah-Putih pada Olimpiade setelah mempertimbangkan catatan pertemuannya dengan 10 pemain peringkat atas dunia.

"Linda juga masuk peringkat 15 posisi kualifikasi dari 16 atlet yang lolos kualifikasi oleh BWF. Jadi, Linda secara otomatis sudah lolos ke Olimpiade," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Rexy Mainaky.

PBSI, lanjut Rexy, telah menganalisa catatan hasil pertandingan Linda dan Maria Febe Kusumastuti dengan 10 pemain terbaik tunggal putri dunia.

Dalam daftar peringkat dunia yang diumumkan BWF pada pekan pertama Mei, Linda menempati peringkat 22 dunia pada sektor tunggal putri. Atlet pelatnas PBSI asal klub Suryanaga Surabaya itu juga mendapatkan posisi ke-15 atlet yang lolos kualifikasi Olimpiade dengan total poin 41.270.

Sementara, Febe yang merupakan atlet klub Djarum Kudus menempati peringkat dunia 24 dengan total poin 40.091.

Indonesia hanya berhak mengirim satu wakil pada nomor tunggal karena tidak ada dua atlet Merah-Putih yang masuk peringkat 16 besar saat periode kualifikasi Olimpiade Rio 2016 berakhir awal Mei.

Indonesia juga menargetkan dua medali emas Olimpiade Rio 2016 yaitu pada nomor ganda campuran dan ganda putra meskipun juga punya peluang untuk meraih medali pada nomor tunggal putra dan ganda putri.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016