Sleman (ANTARA News) - Dimas Diajeng Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan menjadi agen promosi potensi daerah, khususnya sektor pariwisata.

"Peran tersebut sekaligus untuk mengangkat citra Kabupaten Sleman di level regional, nasional maupun internasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Selasa.

Selain berperan sebagai agen promosi, Dimas Diajeng Sleman juga diharapkan mampu menjadi panutan bagi generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan daerah khususnya pada aspek sosial budaya.

"Diselengarakannya pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016 adalah untuk memilih putra dan putri terbaik yang berbudaya, berkarakter, cerdas, kreatif, berwawasan luas dan mampu bertugas sebagai agen informasi dan promosi kepariwisataan secara khusus dan potensi Kabupaten Sleman secara umum," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan Dimas Diajeng Sleman ini juga untuk memberikan ruang bagi generasi muda usia 18 sampai 24 tahun untuk membangun rasa cinta dan bangga di kalangan generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai budaya Ngayogjakarto.

Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016 diikuti 120 peserta. Mereka mengikuti seleksi administrasi, wawancara dan ujian tertulis sehingga terpilih 60 orang semifinalis. Selanjutnya dilakukan proses seleksi kembali untuk memilih 30 orang finalis.

"Selama proses seleksi tahap pertama hingga masa karantina materi yang diberikan mencakup Kebudayaan Jawa, khususnya budaya Ngajogyakarto dan wawasan budaya lokal, kepariwisataan dan kebijakan serta potensi Kabupaten Sleman, penyalahgunaan Napza, kepemudaan dan kepemimpinan, penguatan nasionalisme dan lainnya," katanya.

Setelah melalui proses seleksi panjang, Bayu Hariesta Abdurrahman Jambak dan Adultvine Prita Wijayanti terpilih sebagai pasangan Dimas Diajeng Sleman 2016 pada Jumat (6/5).

Sementara itu, Wakil 1 Dimas Diajeng Sleman 2016 terpilih adalah Fariz Bimananta Saputra dan Lilis Arilia, Wakil 2 I Gusti Ngurah Paulus Widya Eka S dan Caecilia Westi Sekar Wangi. Sedangkan untuk Harapan 1 adalah Dito Irfantomo Brillian dan Sinta Puspita Sari, Harapan 2 Riyadi Dwi Prasetya/Anindwitya Rizqi Monica.

Sebagai Dimas Diajeng Berbakat yakni Julian Hadi Prasetya dan Apriliana Puspa Dewi, Dimas Diajeng Persahabatan adalah Doni Irawan dan Caecilia Westi Sekar Wangi, serta Dimas Diajeng Favorit yaitu Bagus Prihandoyo dan Anindwitya Rizqi Monica.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016