Ada sekitar 2.400 lowongan kerja yang ditawarkan. Harapannya, seluruh lowongan itu bisa terisi oleh tenaga-tenaga kerja yang berkualitas,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menargetkan seluruh lowongan kerja yang ditawarkan oleh 40 perusahan pada penyelenggaraan "job fair" tahun ini bisa terisi.

"Ada sekitar 2.400 lowongan kerja yang ditawarkan. Harapannya, seluruh lowongan itu bisa terisi oleh tenaga-tenaga kerja yang berkualitas," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Hadi Muchtar usai membuka "job fair" di Yogyakarta, Selasa.

Sejumlah perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan "job fair" di antaranya adalah perusahaan media, kesehatan, teknologi dan juga perusahaan yang bergerak di bidang keuangan serta perusahaan retail. "Job fair" akan digelar empat hari, 10-13 Mei bertempat di Gedung Mandala Bakti Wanitatama Yogyakarta.

Hadi menyebut, kegiatan sengaja digelar usai pengumuman kelulusan sekolah untuk jenjang SMA/SMK sehingga bisa menampung siswa yang baru lulus dan langsung ingin bekerja.

"Harapannya, perusahaan yang mengikuti kegiatan ini bisa memperoleh tenaga kerja sesuai keinginan dan pencari kerja pun akan lebih mudah memperoleh akses untuk mencari pekerjaan sesuai minat dan bakatnya," katanya.

Secara umum, Hadi berharap kegiatan tersebut bisa membantu pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan hasil survei Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, jumlah pengangguran di Kota Yogyakarta pada 2014 tercatat sebanyak 13.137 orang dan turun menjadi 10.879 pengangguran pada 2015. "Harapannya, tingkat pengangguran juga semakin turun," katanya yang menyebut akan menggelar "job fair" setahun sekali.

Selama "job fair", Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta membuka layanan pembuatan kartu kuning (AK1) atau kartu pencari kerja untuk warga Kota Yogyakarta dan warga luar DIY.

"Nanti, kami buatkan kartu kuning lokal. Tetapi untuk warga dari empat kabupaten lain di DIY tetap diminta membuat AK1 di daerah asalnya," kata Pengantar Kerja Madya Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Sri Hartati.

Pencari kerja yang ingin mengikuti "job fair" diminta membawa berbagai kelengkapan yang dibutuhkan seperti KTP, AK1, ijazah dan lamaran pekerjaan. "Kegiatan ini gratis," katanya.

Pewarta: Eka Arifa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016