Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiapkan empat dari 11 KA tambahan Lebaran yang dioperasikan di lintas selatan Jawa, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono.

"Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa angkutan Lebaran 2016, PT KAI akan mengoperasikan 11 KA tambahan lebaran di lintas selatan Jawa. KA tambahan lebaran tersebut terdiri atas delapan KA tambahan lebaran pergi pulang jurusan Jakarta, dan tiga KA tambahan pergi pulang (pp) tujuan Bandung," katanya di Purwokerto, Selasa.

Dari 11 KA tambahan lebaran yang akan dijalankan di lintas selatan tersebut, kata dia, empat KA berasal dari PT KAI Daop 5 Purwokerto, yakni KA Purwojaya Lebaran jurusan Cilacap-Gambir pp, KA Kutojaya Utara Tambahan dan KA Kutojaya Utara Lebaran jurusan Kutoarjo-Pasarsenen pp, serta KA Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Kutoarjo-Kiaracondong pp.

Menurut dia, KA Purwojaya Lebaran akan berangkat pukul 06.30 WIB dari Cilacap ke Gambir sedangkan dari Kutoarjo ada tiga pemberangkatan KA Tambahan Lebaran, masing-masing KA Kutojaya Utara Lebaran pemberangkatan pukul 10.50 WIB, KA Kutojaya Utara Tambahan pemberangkatan pukul 21.20 WIB menuju Pasarsenen, dan KA Kutojaya Selatan Lebaran pemberangkatan pukul 08.15 WIB jurusan Kiaracondong.

Sementara tujuh KA tambahan lebaran lainnya yang dioperasikan di lintas selatan, yakni KA Argo Lawu Lebaran, KA Argo Dwipangga Lebaran, KA Gajayana Lebaran, KA Taksaka Lebaran 1, KA Taksaka Lebaran 2, KA Lodaya Lebaran, dan KA Pasundan Lebaran.

"KA Kutojaya Utara dan Kutojaya Selatan Tambahan Lebaran akan dioperasikan mulai tanggal 24 Juni hingga 17 Juli 2016, sedangkan KA Argo Lawu Lebaran, Argo Dwipangga Lebaran, Gajayana Lebaran, Taksaka Lebaran, Purwojaya Lebaran, dan Lodaya Lebaran akan dijalankan tanggal 28 Juni hingga 17 Juli 2016. Sementara untuk KA Pasundan Lebaran dioperasikan tanggal 29 Juni hingga 14 Juli 2016," katanya.

Dengan pengoperasian 11 KA Tambahan Lebaran di lintas selatan Jawa, kata dia, secara keseluruhan ada penambahan kapasitas sebanyak 11.340 tempat duduk setiap harinya, terdiri atas 7.916 tempat duduk dari dan ke arah Jakarta serta 3.424 tempat duduk dari dan ke arah Bandung.

Menurut dia, tiket untuk semua KA tambahan lebaran tersebut sudah dibuka penjualannya sejak tanggal 30 April 2016 melalui kanal-kanal penjualanan seperti halnya tiket reguler.

Lebih lanjut, Surono mengatakan berdasarkan pantauan "Rail Ticket System (RTS)" pada hari Selasa (10/5), pukul 11.00 WIB, tiket mudik lebaran yang sudah terjual habis adalah keberangkatan H-6 Lebaran (30 Juni) sampai dengan H-1 Lebaran (5 Juli) dari Jakarta ke kota-kota di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara dari Bandung tujuan kota-kota di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang sudah habis keberangkatan H-5 Lebaran (1 Julo) sampai dengan H-2 Lebaran (4 Juli).

"Tiket arus balik lebaran tujuan Jakarta yang sudah terjual habis adalah keberangkatan H+3 Lebaran (10 Juli) sampai dengan H+5 Lebaran (12 Juli), tujuan Bandung tiket keberangkatan H+3 Lebaran (10 Juli) dan H+4 Lebaran (11 Juli) juga sudah habis terjual," katanya. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016