Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga menyatakan venue Asian Games akan ditetapkan dalam Corcom (Rapat Komite Koordinasi) Asian Games 2018 di Badung, Bali, besok.

"Pertemuan besok pagi di Bali akan diskusi lebih lanjut, besok mengunci venue penetapan dimana," ujar Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Gatot Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Dalam Corcom di Bali itu, katanya, diharapkan dapat segera ditetapkan peraturan menteri untuk venue serta pihak yang bertanggung jawab dalam membangun venue tersebut.

Menurut dia, pergerakan venue yang akan dipindah sifatnya hanya minor, sedangkan untuk laga besar sudah dipastikan venue-nya.

"Kalau berubah-ubah terus tidak enak di mata OCA (Dewan Olimpiade Asia)," tutur dia.

Gatot mengatakan dalam rapat dengan OCA, KOI dan Kemenpupera hari ini dilaporkan perkembangan pembangunan venue untuk Asian Games 2018, kondisi atlet, sterilisasi GBK dan kondisi wisma atlet.

"Intinya, OCA yang hadir sebagian di pertemuan Corcom menyarankan tiga hal, yakni keamananan, akses dan lalu lintas," kata dia.

Meski belum secara resmi ditetapkan, ada beberapa cabang yang berpindah lokasi, salah satunya adalah bowling. Sebelumnya, cabang olahraga ini akan dilombakan di Jakarta, namun perkembangannya akan digelar di Palembang.

Corcom Asian Games 2018 di Badung, Bali akan diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan kejuaraan empat tahunan itu.

Perwakilan dari Dewan Olimpiade Asia atau OCA dipastikan hadir untuk memastikan persiapan Indonesia.

Selain itu, Corcom yang digelar di hotel di wilayah Badung, Bali ini juga akan menentukan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Jakarta maupun Palembang.

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016