Yogyakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan infrastruktur jaringannya siap menghadapi lonjakan trafik semua jenis layanan komunikasi saat memasuki Ramadhan dan libur Lebaran 2016 dengan meningkatkan kapasitas.

"Selain meningkatkan kapasitas, kami juga memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan sehingga memudahkan pengaturan dalam menyesuaikan dengan kondisi trafik di suatu wilayah," kata Direktur/Chief Service Management Officer (CSMO) XL, Yessie D. Yosetya, di sela "Netrally, Kesiapan Jaringan Jelang Ramadhan dan Lebaran 2016", di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Yessie, saat memasuki Ramadhan dan Lebaran biasanya ditandai dengan beralihnya trafik komunikasi ke sejumlah daerah yang menjadi lokasi kantong-kantong mudik terutama di Pulau Jawa.

Untuk mengantisipasi masa-masa krusial tersebut, XL memperbesar kapasitas jaringan hingga 2-3 kali dibanding kapasitas sehari-hari, mengerahkan mobile BTS.

Tidak kurang sebanyak 20 mobile BTS XL dikerahkan untuk memperkuat jaringan di lokasi-lokasi yang diprediksi menjadi konsentrasi berkumpulnya masyarakat, seperti terminal bus, bandara, pelabuhan, stasiun, jalur mudik, tempat belanja, dan lokasi wisata.

"Kami juga menerapkan teknologi terbaru Network Functions Virtualization (NFV) teknologi yang memungkinkan XL dapat menambah atau pun mengurangi kapasitas jaringan secara cepat sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kepadatan jaringan di suatu lokasi yang bisa menganggu kualitas layanan," ujarnya.

Selanjutnya, mengaplikasikan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional, yang berfungsi untuk menghindari lonjakan trafik pada suatu lokasi tertentu dengan menyebarkannya ke jaringan XL lainnya yang tersebar di beberapa titik.

Sejak 1 April 2016 XL sudah memiliki lebar pita 15 MHz pada spektrum 1800 Mhz untuk layanan 4G LTE, sehingga refarming spektrum 1800 MHz dari 2G ke LTE berlangsung dengan baik di BTS 4G Makro.

"Tambahan lebar pita 4G LTE ini akan menambah kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE yang sudah ada, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pelanggan. Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps," ujar Yessie.

Vice Presiden Service Operation Managemen XL, I Gede Darmayusa, mengatakan uji jaringan ini sekaligus menjadi sarana XL mengidentifikasi kendala apa saja yang ada untuk dilakukan perbaikan. Targetnya, memasuki Ramadan, jaringan XL sudah sepenuhnya siap melayani kebutuhan pelanggan, termasuk jika terjadi lonjakan trafik.

Untuk mempersiapkan jaringan menjelang Ramadan dan Lebaran tersebut, XL kembali mengajak awak media massa menyaksikan sendiri tatacara uji jaringan yang mengambil sampel di area Yogyakarta dan sekitarnya.

Saat ini XL memiliki sekitar 42 juta pelanggan di seluruh Indonesia yang dilayani infrastruktur lebih dari 59.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G), juga jaringan backbone fiber optic sepanjang lebih dari 40.000 km yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016