Tokyo (ANTARA News) - Yukio Ninagawa, sutradara panggung ternama dunia asal Jepang yang dikenal dari adaptasi karya Shakespeare, tutup usia di rumah sakit Tokyo pada usia 80 tahun. Kabar duka itu diumumkan oleh teater dan anggota keluarganya, Kamis (12/5).

Ninagawa meninggal akibat komplikasi pneumonia, kata seorang pegawai teater yang dipimpin Ninagawa pada AFP.

Sang sutradara diberitakan telah dirawat di rumah sakit sejak Desember.

Putri Ninagawa, fotografer Mika Ninagawa, menuliskan kepergian ayahnya di blog.

"Dia adalah ayah hebat yang berjuang hingga akhir," tulis dia.

Ninagawa debut sebagai sutradara pada 1969 dan meraih popularitas internasional di Festival Edinburgh 1985 saat menyutradarai "Macbeth" gaya samurai di mana para aktor tampil dalam kimono Jepang di panggung bersama altar Buddha berukuran besar.

Dia mengadaptasi sebagian besar karya Shakespeare untuk pertunjukan panggung, termasuk "Romeo and Juliet", "Hamlet" dan "Richard III" dan meluncurkan proyek untuk menampilkan karya-karya sang dramawan di Prefektur Saitama, kampung halaman Ninagawa.

Produksi Ninagawa secara rutin ditampilkan di luar negeri sejak dia membawa versi lain dari tragedi Yunani Medea dari Euripides ke Yunani dan Italia pada 1983.

Sutradara yang diakui dunia itu menjadi anggota dari Shakespeare Globe Council di Globe Theatre London dan pada 2002 dianugerahi gelar Commander of the Order of the British Empire.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016