Jakarta (ANTARA News) - Kasta tertinggi sepak bola Jerman, Bundesliga, akan menggelar rangkaian partai pamungkas di beberapa kota setempat pada Sabtu (14/5).

Bayern Muenchen sudah memastikan gelar juara setelah menang 2-1 atas Ingolstadt pekan lalu, yang menjadi raihan empat musim beruntun. Muenchen didampingi Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen memperoleh tiket ke fase grup Liga Champions musim depan.

Sedangkan satu tiket ke babak playoff Liga Champions hampir dipastikan milik Borussia Moenchengladbach yang sementara menempati peringkat keempat dengan koleksi 52 poin, kecuali di pekan pamungkas mereka kalah dari Darmstadt (38) dan satu dari tiga tim lain, yakni FSV Mainz (49), Hertha Berlin (49) dan FC Schalke (49) meraih kemenangan telak hingga selisih gol sepanjang musim mereka bisa melampaui surplus 15 gol milik Gladbach saat ini.

Ketiga tim tersebut sudah dipastikan memasuki Liga Europa musim depan, sebagai penghuni peringkat 5-7. Namun satu tim yang nantinya akan finis di urutan kelima berhak melaju langsung ke fase grup, memperoleh lungsuran tiket yang seharusnya menjadi hak pemenang Piala Jerman, yang finalnya mempertemukan Muenchen dan Dortmund.

Schalke yang sementara ini berada di urutan ketujuh bisa jadi menjadi pihak yang paling diuntungkan dari laga pamungkas, pasalnya kedua pesaingnya akan bertemu di partai terakhir liga itu.

Schalke sendiri akan menghadapi TSG Hoffenheim (37) di laga pamungkas dan finis di urutan kelima jika di laga lain kedua pesaingnya bermain imbang.

Zona degradasi

Hannover 96 sudah lebih dulu dipastikan turun kasta ke Divisi 2 musim depan, sementara tiga tim penghuni peringkat 15-17 masih terancam mendampingi mereka, yakni Eintracht Frankfurt (36), Werder Bremen (35) dan VfB Stuttgart (33).

Satu dari ketiga tim itu akan otomatis mendampingi Hannover, sedang satu lainnya yang finis di peringkat ke-16 akan menghadapi FC Nuernberg yang sudah pasti finis di urutan ketiga Divisi 2.

Frankfurt dan Bremen akan berhadapan di laga pamungkas, siapapun pemenangnya bisa dipastikan terbebas sama sekali dari ancaman degradasi. Sementara bagi yang kalah harus berharap-harap cemas menantikan hasil laga antara Stuttgart melawan VfL Wolgsburg (42).

Stuttgart bukan hanya membutuhkan kemenangan untuk setidaknya lolos dari ancaman degradasi otomatis, namun juga membutuhkan Bremen kalah dari Frankfurt di laga lain.

Sebab jika laga lain berakhir imbang atau dengan kemenangan Bremen, kemenangan Stuttgart juga dibebani tugas mengejar selisih total gol yang berjarak tujuh gol dari Bremen dan enam gol dari Frankfurt.

Berikut jadwal lengkap pekan ke-34 yang berlangsung Sabtu (14/5) seturut laman resmi Bundesliga. (tuan rumah disebut pertama)

FSV Mainz v Hertha Berlin
Bayer Leverkusen v FC Ingolstadt
Borussia Dortmund v FC Cologne
FC Augsburg v Hamburg SV
Bayern Muenchen v Hannover
Darmstadt v Borussia Moenchengladbach
Werder Bremen v Eintracht Frankfurt
TSG Hoffenheim v FC Schalke
VfL Wolfsburg v VfB Stuttgart.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016