Makassar (ANTARA News) - Mantan pemain belakang Persipura Jayapura Daniel Tata resmi memperkuat PSM Makassar dalam menghadapi kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Sekretaris PSM, Ruslan di Makassar, Jumat, mengatakan, pemain yang bersangkutan juga sudah bisa membela tim setelah namanya didaftar ke pihak operator TSC.

"Dia (Daniel Tata) sudah melakukan penandatangan kontrak untuk memperkuat PSM dalan lanjutan TSC 2016. Pemain tersebut juga sudah bisa bermain karena sudah kita daftarkan ke operator," katanya.

Ia menjelaskan, bergabungnya Daniel Tata dalam skuat tim Juku Eja membuat komposisi pemain PSM ini sudah menjadi 26 pemain yang secara resmi telah didaftarkan ke operator kompetisi. Pihaknya juga masih menunggu satu pemain asing untuk melengkapi skuad menghadapi TSC 2016.

"Daniel Tata bisa ditempatkan sebagai center bek dan wing bek. Mudah-mudahan bisa memberika kontribusi nyata dan membantu mengangkat prestasi tim PSM," ujarnya.

Sementara itu, Daniel mengaku senang karena bisa bergabung dengan tim kebanggan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan tersebut. Dirinya juga mengaku PSM merupakan tim profesional keduanya setelah Persipura.

Pada saat memperkuat Persipura, Tata memilih menggunakan nomor punggung 16. Namun untuk di PSM memutuskan menggunakan nomor punggung 6.

"Saya sebelumnya memang cuma memperkuat Persipura. Saat ini memperkuat PSM dan saya siap membantu danb ekerja keras untuk tim," jelasnya.

Pemain bernama lengkap Daniel Siogama Tata ini menjelaskan, selain berposisi sebagai center bek, dirinya juga selalu dipasang gelandang bertahan. Dirinyanjuga siap diturunkan di posisi manapun sesuai instruksi pelatih.

Daniel Tata sendiri sebenarnya sudah lama ikut seleksi di tim Juku Eja. Terakhir dirinya dicoba saat bermain game melawan tim asal Takalar bersama pemain pelapis PSM. Daniel pada laga tersebut dipasang sebagai center bek dan ternyata mampu tampil optimal mengawal pertahanan Juku Eja.

"Kita memang melihat Daniel Tata bisa berkontribusi terhadap tim. Namun untuk pemain seleksi lainya yakni Faisal, kita terpaksa melepasnya," ujar Direktur Teknik PSM Makassar, Sumirlan.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016