Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia Rio Haryanto berhasil menyelesaikan 34 putaran di sesi latihan perdana GP Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Jumat pagi setempat.

Meski menjadi salah satu pebalap yang berhasil melahap jumlah putaran terbanyak dalam sesi berdurasi satu setengah jam itu Rio tetap menempati urutan paling buncit karena hanya memiliki catatan waktu terbaik 1 menit 29,052 detik atau terpaut 0,968 detik dibandingkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, yang menempati urutan 20 dengan melahap 29 putaran.

Catatan waktu yang dirilis laman resmi F1, memperlihatan dominasi duet pebalap tim Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen di sesi latihan pagi tersebut.

Vettel melahap 22 putaran dengan catatan waktu terbaik 1 menit 23,951 detik diikuti rekan setimnya Raikkonen yang menyelesaikan 18 putaran dengan waktu terbaik 1 menit 24,089 detik.

Keduanya menggunakan strategi ban berupa satu ban medium disertai lima ban lunak, sementara duet Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, yang menggunakan ban medium Pirelli tertinggal secara berurutan menempati posisi ketiga dan keempat.

Rosberg, yang saat ini memimpin klasemen pembalap musim ini, menempati urutan ketiga kecepatan terbaik 1 menit 24,454 dengan 34 kali putaran, sedangkan Hamilton melahap 33 putaran dengan catatan waktu terbaik 1 menit 24,611 detik.

Sementara itu pebalap baru di Red Bull, Max Verstappen, menampilkan debut yang cukup baik di menempati catatan waktu terbaik 1 menit 25,585 atau di urutan keenam setelah rekan setimnya, Daniel Ricciardo, yang memiliki catatan waktu terbaik 1 menit 25,416 detik.

Sedangkan Daniil Kvyat yang baru ditukarkan kembali ke Toro Rosso hanya menempati urutan ke-12 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 26,583 detik, terpaut empat posisi jauhnya dibandingkan rekan setimnya Carlos Sainz yang memiliki catatan waktu terbaik 1 menit 26,078 detik.

Sesi latihan awal itu meninggalkan impresi mengecewakan bagi Esteban Ocon yang menggantikan Jolyon Palmer sebagai pebalap Renault di sesi tersebut, sebab ia hanya menyelesaikan enam putaran tanpa sempat memperoleh catatan waktu terbaik lantaran kendala teknis.

Kendala teknis juga dialami pebalap Force India, Sergio Perez, meski sebelum sesi latihan berakhir tim berhasil mengatasi masalah sekaligus mengirim kembali pebalap Meksiko itu mengaspal dengan catatan waktu terbaik 1 menit 27,053 detik dalam sembilan kali putaran.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016