Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan modal ventura bersama pelaku usaha pemula/startup mendeklarasikan pendirian Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO).

"Kami melihat satu kecocokan yang sama, sehingga kami sepakat untuk ikut terjun membangun ekosistem. Untuk itu, kami mendirikan AMVESINDO," kata Jefri Rudyanto Sirait, Ketua Dewan Pengurus AMVESINDO, di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Jefri menjelaskan organisasi tersebut bertujuan sebagai wadah untuk memudahkan perusahaan modal ventura melakukan pertukaran informasi.

Tidak hanya itu, organisasi tersebut juga menjadi media komunikasi yang mempertemukan perusahaan ventura dengan startup.

"Dengan dikumpulkan menjadi satu wadah (perusahaan ventura dan pelaku startup) justru menarik, akan lebih mudah bagi perusahaan ventura untuk memilih pelaku startup," ujar Jefri yang juga merupakan President Director PT Astra Mitra Ventura.

"Begitu juga bagi pelaku startup, akan lebih cepat dibanding "berjualan" dari satu perusahaan ventura ke lainnya," sambung dia.

Co-founder Pinjam.co.id, Teguh Basuki Ariwibowo menyambut baik organisasi kolaborasi investor dengan pelaku startup itu.

"Sebagai startup, kami masih baru memulai fokus operasi untuk melihat 10 langkah ke depan terkait bisnis kami. AMVESINDO bisa menjadi pusat kolaborasi dalam hal membangun ekositem yang kondusif bagi venture dan startup," kata dia.

"Kami mengajak banyak teman-teman startup untuk bergabung, untuk mendapat nilai tambah. Bukan cuma berdiskusi, tetapi benar-benar membangun konkrit kolaborasi," tambah Wakil Ketua III Dewan Pengurus AMVESINDO tersebut.

Selain itu, dibentuknya AMVESINDO juga menjadi mitra pemerintah dan OJK dalam menyusun berbagai kebijakan dan program pemerintah yang mendorong tumbuh kembangnya industri modal ventura Indonesia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016