... prestasi yang diraih justru melampaui target."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan pada dua atlet Indonesia yang sukses mencetak tinta emas pada ajang Festival International Des Sport Extremes (FISE) Sport Series 2016 di Montpellier, Prancis, 4 hingga 8 Mei 2016.

Pemberian penghargaan kepada atlet olahraga ekstrim Indonesia, yaitu Sanggoe Darma Tanjung yang turun di skateboarding amatir dan Januar Sutanto (Botay) untuk nomor BMX Flatland Master dilakukan oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat.

"Tim extreme sport Indonesia dilepas tanpa target dikarenakan persaingan ketat dan banyak peserta yang berpengalaman. Namun, prestasi yang diraih justru melampaui target," kata Raden Isnanta di sela-sela pemberian penghargaan.

Keberhasilan atlet Indonesia meraih medali emas di kejuaraan bergengsi di Prancis itu, dikemukakannya, diharapkan mampu menjadi cambuk bagi atlet lainnya untuk berprestasi, dan memacu pemerintah untuk mengembangkan olahraga ekstrim.

Atas prestasi kedua atlet tersebut, Raden Isnanta mengaku sangat bangga dan bertekad mengembangkan olahraga non-prestasi, apalagi olahraga yang dikenal menantang itu diharapkan menjadi saluran positif bagi pemuda Indonesia.

"Untuk mendukung pengembangan kejuaraan ini rencananya akan digelar kejuaraan nasional di Serang. Selain akan mendatangkan atlet daerah juga ada rencana menghadirkan atlet-atlet asing," katanya.

Pihak Kemenpora menilai potensi olahraga ekstrim di Indonesia cukup besar, sehingga harus dikelola secara baik karena di kancah internasional sangat terkenal.

"Sebelum menuju tingkat nasional, kita akan menggelar beberapa kejuaraan di daerah. Saya kira ini menjadi pintu pembuka untuk pengembangan olahraga ekstrim ke depannya," kata Staf Khusus Menpora Bidang Olahraga, M. Khusen Yusuf.

Dalam FISE di Prancis, Sanggoe Darma Tanjung, mampu membuat kejutan di kejuaraan yang berlevel tinggi tersebut. Atlet berusia 14 tahun itu mampu mengalahkan atlet yang selama ini sudah berpengalaman di kelas skateboarding amateur.

Begitu juga dengan Januar Sutanto. Atlet yang biasa dipanggil Botay itu juga membuat kejutan. Hanya berniat turun di kelas amatir, namun justru mampu merebut medali emas di kelas master.

Bohay, yang juga salah seorang pemeran sinetron Go BMX, mampu menyisihkan 45 atlet yang sudah berpengalaman, termasuk tuan rumah Prancis.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016