Barcelona (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula 1 Nico Rosberg mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan Jumat untuk Grand Prix Spanyol, yang terlihat dapat membuat pebalap Mercedes itu merayakan kemenangan kedelapannya secara beruntun.

Pria Jerman itu, yang akan menjadi pebalap ketiga untuk memenangi lima balap pertama dalam semusim setelah kompatriotnya Michael Schumacher dan pebalap asal Britania Nigel Mansell jika ia mampu meraih kemenangan pada Minggu, menjadi yang tercepat saat latihan dengan catatan waktu satu menit 23,922 detik.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjadi yang tercepat pada sesi pagi dengan catatan 1:23,951 dan menghuni urutan keempat pada sesi kedua.

Kedua catatan waktu itu mengungguli catatan waktu Rosberg sewaktu merebut pole position 2015 dengan catatan 1:24,681.

Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, menjadi yang tercepat urutan kedua pada kedua sesi, tertinggal 0,254 detik dari Rosberg pada sore hari, di mana juara dunia tiga kali Lewis Hamilton menduduki urutan keempat pada pagi hari namun berada di urutan ketiga setelah makan siang.

Ferrari menjadi satu-satunya tim yang menggunakan ban-ban berkompon lunak pada sesi pagi, setelah memilih menggunakan lebih banyak set dibanding rival-rivalnya ketika mereka merasa mobilnya lebih sesuai bagi mereka.

Hamilton tertinggal 43 angka di belakang Rosberg di klasemen setelah mengalami kegagalan power unit pada dua balapan terakhir yang membuatnya harus memulai balapan di belakang grid di China, dan start dari urutan kesepuluh di starting grid di Rusia.

Mercedes mengatakan mereka telah mengubah turbo dan bagian di sistem pemulihan energi untuk balap di Barcelona.

Namun terbatasnya waktu untuk perubahan desain sejak balapan terakhir di Rusia membuat mereka hanya memiliki satu contoh yang tersedia, mempersiapkan tepat waktu memerlukan usaha "manusia super," kata tim.

Pebalap remaja asal Belanda Max Verstappen menghuni urutan keenam dan kedelapan pada debut latihannya bersama Red Bull, setelah meninggalkan Toro Rosso dalam langkah pertukaran dengan pebalap Rusia Daniil Kvyat. Rekan setimnya yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo lebih cepat di kedua sesi.

Pebalap Toro Rosso Carlos Sainz lebih cepat dari kedua pebalap Red Bull itu pada sesi sore.

Fernando Alonso asal Spanyol, yang merupakan juara dunia sebanyak dua kali, menghuni urutan kesepuluh dan ketujuh bagi hari lain yang membangkitkan semangat McLaren setelah kesulitan-kesulitan yang mereka alami tahun lalu.

Pebalap Meksiko Sergio Perez menjalani pagi yang sulit, berhenti pada dua pertiga sesi tersisa setelah asap muncul dari bagian belakang mobil Force Indianya. Tim melakukan banyak peningkatan pada sisi aerodinamis untuk balapan di Spanyol.

Bintang asal Prancis sekaligus pebalap cadangan Sebastien Ocon melakukan latihan debutnya dengan Renault, mengendarai mobil yang akan digunakan pebalap Britania Jolyon Palmer pada balapan Minggu, namun tidak mampu mencatatkan waktu karena masalah-masalah teknis.

Palmer juga mengalami sejumlah masalah pada sore hari, di mana bannya meletus yang menghentikan sesinya, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016