Lebak (ANTARA News) - Bupati Lebak Iti Octavia meminta warga Baduy yang tinggal di pegunungan Kendeng memperhatikan kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit menular.

"Kami menerima laporan 19 warga Baduy Dalam yang tersebar di Kampung Cikawartana, Cikeusik, dan Cibeo terjangkit frambusia atau sejenis penyakit kulit yang menyerang sekujur tubuh," kata Iti saat perayaan tradisi Seba Baduy di Lebak, Jumat.

Pemerintah daerah terus menyosialisasikan hidup bersih dan sehat agar masyarakat Baduy tidak terserang penyakit menular.

Selain itu, pemerintah melalui petugas medis di Puskesmas terdekat juga cukup serius mengobati penyakit korengan yang menimpa warga Baduy itu.

Penyebaran penyakit frambusia akibat buruknya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti tidak berganti pakaian sampai berminggu-minggu dan mandi tidak menggunakan sabun. Bahkan, warga Baduy ketika tidur tidak beralas tikar.

Perilaku seperti itu merupakan budaya masyarakat Baduy sehingga petugas medis kesulitan untuk mengubah pola hidup mereka agar menjadi lebih bersih dan sehat.

"Kami berharap ke depan masyarakat Baduy menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih sehingga bebas dari penyebaran penyakit menular seperti Frambusia itu," ujar Iti.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah mengatakan, meskipun penyakit frambusia tidak mematikan, karena menyerang bagian kulit saja seperti luka koreng, tetapi bisa menurunkan produktivitas.

Pengobatan frambusia dilakukan dengan penyuntikan jenis Benzetin untuk membunuh kuman-kuman pada bagian tubuh penderita.

Namun, hingga kini penyakit koreng yang menyerang bagian kaki, tangan, dan badan itu belum terbebas dari daerah itu.

"Kami terus melakukan pengobatan bagi penderita agar tidak menular pada warga lainnya," katanya.

Sementara itu, Petugas Medis Kepercayaan Warga Baduy Bidan Eros mengatakan, pihaknya terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Baduy.

"Kami meminta warga Baduy mau hidup bersih dengan menjaga lingkungan dan jika sakit berobat ke puskesmas," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016