Jakarta (ANTARA News) - Prinsip bos selalu benar dipegang teguh oleh Bossman (Reza Rahadian), pria Indonesia yang punya perusahaan di Kuala Lumpur dan menjadi atasan dari empat pekerja Malaysia dengan berbagai karakteristik. 

Satu kesamaan dari para pegawai itu adalah rasa sebal kepada si bos yang tingkah lakunya ngaco, kerap bertindak semena-mena, sangat menguji kesabaran. 

Penderitaan mereka dirasakan juga oleh Diana (Bunga Citra Lestari), karyawan baru di perusahaan tersebut. Sebagai sesama warga Indonesia, hati Diana awalnya terasa ringan. Namun, kelakuan absurd sang bos mau tak mau menarik urat syarafnya. 

Diana serba salah karena Bossman sebenarnya merupakan kawan dari suaminya Dika (Alex Abbad), seorang konsultan yang lebih sering mengenakan piyama karena pekerjaannya bisa dikerjakan di rumah. 

Sang suami awalnya tidak menyetujui niat Diana bekerja di perusahaan Bossman karena khawatir akan mempengaruhi pertemanan dua pria itu bila ada hal buruk terjadi di kantor. 

Diana yang ingin lepas dari rutinitas ibu rumah tangga di negeri jiran berhasil memaksakan kehendaknya untuk bekerja. 

Api telah menjadi abu. Diana harus bertahan dalam perang mental menghadapi kesintingan bosnya. Sebagai pegawai kontrak, Diana lebih memilih untuk dipecat dan dibayarkan sisa gajinya ketimbang mengundurkan diri dan membayar uang penalti. Mengingat perangai bos yang super pelit, keinginannya sulit terwujud. 

Diangkat dari novel

"My Stupid Boss" diangkat dari novel berjudul sama oleh penulis dengan nama pena chaos@work berdasarkan pengalaman nyata selama bekerja di negeri jiran. 

Dalam versi asli, cerita-cerita lucu soal bos dituangkan dalam fragmen-fragmen kejadian tanpa alur runut. Upi selaku sutradara menghabiskan waktu hingga enam bulan untuk meramu cerita-cerita itu ke dalam skenario film yang utuh. 

"Pembaca bukunya tahu ini cerita random curhatan karyawan tentang bos. Bagaimana meramu itu jadi satu kesatuan, harus ada alur cerita, paling susah di situ," jelas Upi. 

"My Stupid Boss" adalah pembuktian Upi dalam membuat film komedi yang bisa tetap menghibur meski dibintangi oleh non-komedian. 

Nuansa melayu terasa kental di film ini karena latar belakangnya memang di Malaysia. 

Karakter nyeleneh Bossman adalah alasan kuat bagi Reza Rahadian untuk mengambil peran tersebut.  Cerita yang disampaikan Upi cukup untuk meneguhkan keputusannya mengambil peran baru yang belum pernah ia mainkan. 

"Kebayang karakternya kayak gimana bentuknya, ya saya langsung ngayal bebas," kata Reza yang menyerap berbagai inspirasi dari orang terdekat untuk memunculkan karakter Bossman. 

Sementara itu, Bunga Citra Lestari tanpa pikir panjang bergabung dalam film ini setelah mengetahui bangku sutradara diduduki oleh Upi dan lawan mainnya adalah Reza Rahadian. 

Belakangan, rasa gugup melanda Bunga menjelang syuting ketika ia menyadari film komedi punya tantangan yang jauh berbeda dengan genre drama yang biasa dilakoninya. 

Satu tantangan lain adalah melepaskan kesan mesra yang melekat antara dia dan Reza sebelumnya berpasangan sebagai suami istri dalam "Habibie & Ainun". 

"Constant reminder dari awal di sini enggak ada cinta-cintaan, ubah chemistry biar orang lihat di sini hubungannya sangat berbeda (dengan 'Habibie & Ainun') tapi chemistry tetap sekuat itu juga," papar Bunga. 

Film yang disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Upi ini dibintangi juga oleh Alex Abbad dan bintang Malaysia seperti Chew Kinwah, Bront Palarae, Atikah Suhaime dan Iskandar Zulkarnaen. 

Film "My Stupid Boss" akan ditayangkan di empat negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam secara serentak pada 19 Mei 2016.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016