Granada, Spanyol (ANTARA News) - Penyerang Barcelona, Luis Suarez, memborong trigol yang mengantarkan kemenangan timnya atas tuan rumah Granada dengan skor 3-0 dalam laga pamungkas La Liga Spanyol 2015/2016 di Stadion Los Carmenes, Sabtu.

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan tim besutan Luis Enrique itu sukses mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol dengan mengantongi 91 poin saat menutup musim, unggul satu poin dari pesaing mereka Real Madrid (90) yang di laga lain juga menang atas lawannya.

Gelar tersebut menjadi trofi La Liga ke-24 yang diraih Las Blaugranas sepanjang masa, masih terpaut delapan buah dari 32 trofi yang sudah dimiliki Madrid.

Selain gelar juara untuk Barcelona, lewat trigol yang dicetaknya Suarez memastikan diri sebagai raja pencetak gol La Liga dengan koleksi 40 gol, terpaut lima gol dari 35 gol milik penyerang Madrid Cristiano Ronaldo.

Datang dengan kekuatan penuh, Barcelona segera keluar menyerang sejak awal laga namun mereka baru bisa membuka keunggulan pada menit 22 lewat Suarez.

Berawal dari sebuah kerja sama satu dua sentuhan antara Neymar dan Jordi Alba berujung umpan tarik yang dikirimkan ke dalam kotak penalti, di mana Suarez menanti dengan sebuah sontekan mudah untuk membawa Barcelona unggul 1-0 atas tuan rumah.

Tim tamu berhasil menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit 38 saat Suarez menaklukkan penjaga gawang Andres Fernandez dalam duel udara memperebutkan umpan silang kiriman Dani Alves dan penyerang Uruguay itu sukses menyundulnya ke dalam gawang.

Suarez melengkapi kemenangan Barcelona menjadi 3-0 sekaligus koleksi trigolnya di laga tersebut pada menit 86 setelah Neymar memilih untuk menyodorkan bola kepada rekannya itu ketimbang menghabisinya sendiri meski sudah berhadapan dengan Fernandez.

Susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim di awal laga seturut laman resmi La Liga.

Granada (4-2-3-1): Andres Fernandez (PG); Miguel Lopes, Jean-Sylvain Babin, Ricardo Costa (Doria), Lomban; Abdoulaye Doucoure, Ruben Perez; Ruben Rochina (Isaac Cuenca), Fran Rico, Adalberto Penaranda; Youssef El-Arabi (David Barral)
Pelatih: Jose Gonzalez

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano (Jeremy Mathieu), Jordi Alba; Ivan Rakitic (Arda Turan), Sergio Busquets (Sergi Roberto), Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016