Kendari (ANTARA News) - Tuan rumah Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) tengah sibuk menerima kedatangan Kontingen Pramuka Pandega se-Indonesia di Bumi Perkemahan IAIN Kendari. Kontingen berdatangan sejak Sabtu (14/5) dan memuncak pada hari ini.

Tidak kurang 1.500 Pramuka Pandega yang berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia akan turut ambil bagian dalam ajang PW PTK XIII Tahun 2016 yang digelar Direktorat Pedidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Ishom Yusqi berharap PW PTK berjalan sukses, dan menjadi wahana efektif mengembangkan kreativitas dan unjuk karya mahasiswa kepada masyarakat.

“Sebagaimana namanya perkemahan wirakarya, saya menaruh harapan besar agar para peserta bisa mengerahkan pikiran, tenaga, dan daya upayanya untuk meningkatkan bakti kepada masyarakat,” terang Isom.

“Semangat berkarya dan mengabdi semoga tercermin dalam berbagai ragam kegiatan PW PTK yang telah dipersiapkan, sehingga kehadiran adik-adik Pramuka benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Perkemahan yang digelar dua tahunan ini diharapkan juga dapat memberikan citra positif dan sekaligus sosialisasi UIN, IAIN, STAIN dan PTK Swasta kepada masyarakat.

“Masyarakat Kendari khususnya, melalui PW PTK diharapkan akan lebih mengenal secara dekat apa itu PTKI dan sekaligus perannya selama ini,” kata Ishom.

Berbeda dengan sebelumnya, PW PTK tahun ini juga akan diikuti sejumlah mahasiswa Pramuka Pandega dari Luar Negeri, antara lain: Afganistan, Rusia, Jepang, Madagaskar, Philipina, Thailand, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Selain itu, mahasiswa dari Perguruan Tinggi Kegamaan Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha juga akan meramaikan PW PTK, sebagai bentuk komitmen kebangsaan dan ke-Indonesiaan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin direncanakan akan membuka kegiatan PW PTK yang akan berlangsung selama 7 hari penuh di IAIN Kendari pada Senin (16/5). Seremonial pembukaan akan dimeriahkan dengan pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa senam tongkat pramuka terpanjang di dunia yang diperkirakan akan mencapai 7 km. Selain itu, para pramuka pandega PTK juga akan melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni sebagai wujud bakti kepada masyarakat.

Perhelatan akbar Pramuka Mahasiswa ini juga akan dihadiri Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhiyaksa Dault, Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, dan segenap Pejabat Eselon I dan II Kemenag.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016