Kami akan mengevaluasi penampilan masing-masing pemain pada hari ini apakah akan kami lebih diperhalus ataukah justru mempertajam serangan-serangan karena kami akan menghadapi Thailand
Kunshan (ANTARA News) - Tim Thomas Indonesia mengevaluasi penampilan sejumlah pemain dalam laga pertama penyisihan grup B Piala Thomas 2016 sebagai bekal menghadapi tim Thomas Thailand pada Rabu (17/5).

"Secara umum kami sudah puas dengan penampilan semua pemain. Bagi kami, penampilan naik-turun pada saat mereka melawan tim Hong Kong pada laga pertama penyisihan grup B itu masih wajar sebagaimana terjadi juga pada pemain andalan Malaysia Lee Chong Wei," kata Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia Rexy Mainaky di Kunshan, Senin.

Tim Thomas Indonesia memiliki jeda pertandingan penyisihan grup pada Senin sehingga punya kesempatan untuk merancang permainan berdasarkan hasil pertandingan dan situasi di lapangan pada laga pertama.

"Kami mengakui Hong Kong punya kekuatan merata pada sektor tunggal seperti Hu Yun, Ng Ka Long, dan Wong Wing Vincent," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu.

Tommy Sugiarto yang turun pada partai pertama mewakili tim Merah-Putih hampir kehilangan game kedua dari Ng Ka Long Angus. Tapi, putra mantan atlet bulu tangkis Icuk Sugiarto itu dapat bangkit dan menuntaskan pertandingan dalam dua game 21-17, 22-20.

"Jika Tommy pada tunggal pertama sampai tiga game, penampilannya itu akan berpengaruh pada pemain-pemain lain setelahnya. Tommy sebagai pemain yang berpengalaman terbukti mampu mengatasi situasi kritis dan bermain dengan tenang," kata Rexy.

Tim putra Indonesia, lanjut Rexy, semula memperkirakan kemenangan 3-2 ataupun 4-1 atas Hong Kong sudah cukup untuk mengantarkan pada pertandingan penyisihan berikutnya.

Semangat para pemain putra Tanah Air untuk merebut kemenangan mutlak 5-0 semakin menghadirkan gairah mencapai target merebut Piala Thomas 2016.

"Kami akan mengevaluasi penampilan masing-masing pemain pada hari ini apakah akan kami lebih diperhalus ataukah justru mempertajam serangan-serangan karena kami akan menghadapi Thailand," kata Rexy.

Tim Thomas Thailand menang 3-2 atas Tim India pada laga lain penyisihan grup B Piala Thomas 2016. Thailand mencuri poin lewat tunggal putra Tanongsak Saensomboonsuk yang menang atas Ajay Jayaram dalam tiga game.

Kemudian, pasangan Bodin Issara/Nipitphon Puangpuapech menambah poin dengan menaklukkan Manu Attri/Sumeeth Reddy. Serta, pasangan Puavaranukhroh Dechapol/Kedren Kittinupong menundukkan pasangan Akshay Dewalkar/Satwiksairaj Rankireddy.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016