Di Pangandaran dipertandingkan lebih dari 20 medali emas, dan sebagai daerah paling muda di Jabar ini kebanggaan bagi masyarakat Pangandaran
Bandung (ANTARA News) - Kabupaten Pangandaran melakukan pembangunan istal (kandang) kuda di Gelanggang Pacuan Kuda Legokjawa Pangandaran yang akan menjadi tuan rumah pertandingan PON XIX/2016 Jabar, 17-29 September 2016.

"Pembangunan istal kuda sudah berlangsung, sekitar dua pekan. Selanjutnya dilakukan pembangunan tribun dan kelengkapan lainnya," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiriadinata, Senin.

Ia menyatakan kesanggupannya untuk melakukan persiapan dan melengkapi gelanggang pacuan kuda itu disesuaikan dengan kebutuhan untuk pertandingan olahraga empat tahunan tersebut.

Istal merupakan salah satu persyaratan dari pertandingan pacuan kuda. Istal itu akan ditempati kuda-kuda peserta PON, dengan fasilitas pelengkap lainnya seperti water blower.

"Semuanya dipastikan tuntas pada waktunya nanti, kami juga membuat jalan akses ke pacuan kuda itu dan saat ini sudah dilelangkan," kata Jeje.

Menurut Bupati Pangandaran, kawasan pacuan kuda itu pasca-PON akan dikembangkan menjadi kawasan wisata pacuan kuda yang merupakan olahraga rakyat di kawasan itu.

Untuk tempat pertandingan terjun payung di Bandara Nusawiru Kecamatan Parigi Pangandaran yang juga akan siap pada waktunya.

"Akses jalannya akan diperbaiki, dan dipastikan tuntas pada Juli mendatang. Kita sangat serius melakukan persiapan dan memfasilitasi PON XIX/2016," kata Jeje.

Pemkab juga melakukan optimalisasi menjadi tuan rumah melalui Sub PB PON XIX/2016 Kabupaten Pangandaran yang sudah mulai bergulir.

"Di Pangandaran dipertandingkan lebih dari 20 medali emas, dan sebagai daerah paling muda di Jabar ini kebanggaan bagi masyarakat Pangandaran," katanya.

Selain itu, Kabupaten Pangandaran melalui Sub PON XIX/2016 sudah menyiapkan akomodasi penginapan yang sebagian besar ditempatkan di kawasan wisata Pangandaran.

"Di Parigi dan Legokjawa tidak ada penginapan yang standar PON, sehingga sebagian besar penginapan di kawasan wisata Pangandaran," kata Jeje.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kegiatan yang akan meramaikan perhelatan PON XIX/2016 di Pangandaran, salah satunya menggandeng KUMKM Pangandaran serta menyiapkan pentas seni dan budaya khas daerah itu.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016