Sampang (ANTARA News) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mempersiapkan angkutan gratis pada musim mudik dan balik Lebaran 1437 Hijriah.

Menurut Kepala Dishubkominfo Sampang Ali Wafa di Sampang, Senin, angkutan gratis itu untuk membantu warga yang hendak pulang ke kampung halaman saat Lebaran.

"Program ini juga dimaksudkan untuk meringankan beban umat Islam saat Lebaran," kata Ali Wafa.

Ia menjelaskan, pada Lebaran tahun ini, Pemkab Sampang menyediakan dua armada bus untuk angkutan Lebaran gratis itu. Rutenya dari Sampang menuju Surabaya dan sebaliknya.

Rute bus angkutan Lebaran dari Surabaya menuju Bangkalan untuk angkutan mudik Lebaran, sedangkan dari Sampang menuju Surabaya untuk angkutan balik Lebaran.

"Khusus untuk angkutan balik Lebaran ini, akan kami gelar setelah Lebaran Ketupat. Sebab, kebiasaan warga Sampang, melakukan balik Lebaran setelah Lebaran Ketupat," katanya.

Kepala Dishubkominfo Sampang Ali Wafa menjelaskan, angkutan mudik dan balik Lebaran gratis ini, merupakan salah satu bentuk pelayanan Pemkab Sampang dalam membantu masyarakat merayakan Lebaran.

Bentuk pelayanan lainnya yang juga dipersiapkan selama musim mudik dan balik Lebaran ialah pengamanan selama 24 jam di sepanjang jalur mudik di Kabupaten Sampang.

Pemkab akan mendirikan pos pantau Lebaran di sejumlah titik, dan tempat peristirahatan bagi para pemudik yang melakukan mudik Lebaran.

"Pusat pos pantau Lebaran akan kami dirikan di area monumen Kota Sampang, dan di perbatasan Kabupaten Sampang dengan Kabupaten Bangkalan," katanya. 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016