Sebagian peserta tour sepeda sudah tiba. Lainnya masih dalam perjalanan menuju Kota Larantuka
Kupang (ANTARA News) - Peserta balap sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) telah berdatangan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sebagian peserta tour sepeda sudah tiba. Lainnya masih dalam perjalanan menuju Kota Larantuka," kata Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin melalui telepon genggam, Selasa, terkait peserta "Tour de Flores".

Dia mengatakan, rombongan masih akan diberi kesempatan untuk beristirahat sambil menunggu acara keseniaan dan budaya pada malam nanti.

Menurut rencana kata dia, pada Rabu (18/5), para peserta akan melaksanakan uji coba bersepeda Kota Larantuka-Waiklibang, Kecamatan Tanjung Bunga, arah Timur kota Larantuka, dengan menempuh jarak sekitar 25 km.

Sementara para wisatawan yang menjadi bagian dari rombongan Tour de Flores akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Flores Timur akan berupaya memaksimalkan peserta Tour de Flores, untuk memperkenalkan Flores Timur kepada dunia," tutur Bupati Lagadoni Herin.

Mantan wartawan itu berharap, dengan adanya Tour de Flores, pariwisata daerah itu bisa diminati wisatawan mancanegara.

Tour sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) yang diikuti ratusanan pembalap dari 25 negara itu, akan menjadi ajang lomba paling menantang dibanding Tour de Singkarak dan Tour de Banyuwangi Ijen.

Lomba sepanjang 615 km, dengan start dari Kota Larantuka, Flores Timur pada 19 Mei dan finis di Labuan Bajo, 26 Mei 2016.

Di garis finis di Labuan Bajo, Manggarai Barat akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016