Jakarta (ANTARA News) - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) membagikan ratusan buku gratis kepada pengguna KRL yang memiliki tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) dalam rangka Hari Buku Nasional yang jatuh pada hari ini.

Kepala Humas KCJ Eva Chairunnisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa mengatakan pembagian buku gratis tersebut merupakan kerja sama dengan salah satu perusahaan penerbit dan toko buku ternama.

Dia mengatakan pembagian buku gratis tersebut berlangsung di dalam KRL dari Stasiun Palmerah hingga Stasiun Jakarta kota mulai pukul 10.00 WIB.

"Selain memperingati Hari Buku Nasional, kegiatan ini merupakan salah satu lanjutan dari program customer loyalty kepada seluruh pengguna KMT sekaligus merupakan bentuk sosialisasi kepada pengguna jasa agar menggunakan tiket berlangganan KMT dengan sistem potong saldo," katanya.

Eva menambahkan penggunaan KMT sendiri bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi tiket pada perjalanan KRL.

"Selama saldo yang tersedia masih mencukupi batas minimum, maka pengguna jasa dapat langsung menuju gerbang pada saat akan melakukan perjalanan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, perubahan stasiun tujuan juga tidak menyebabkan denda dalam bentuk pinalti lantaran pemotongan saldo dilakukan pada saat pengguna melakukan tap out (penempelan kartu) di stasiun akhir.

Eva menyebutkan saat ini dari rata - rata 850.000 pengguna jasa KRL per hari, 65 persen di antaranya telah menggunakan KMT.

Selain sosialisasi penggunaan KMT melalui program pada Hari Buku nasional PT KCJ berharap dapat ikut serta membangkitkan kembali budaya membaca di tengah masyarakat Jabodetabek.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016