Jakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mendorong perkembangan keuangan syariah, yang potensinya terus meningkat di tingkat global, agar dapat tumbuh dan bermanfaat bagi ekonomi nasional.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Keuangan dan Pasar Modal, Emirsyah Satar di Jakarta, Selasa, optimistis bahwa perkembangan sektor perbankan dan keuangan syariah akan terus meningkat dan tumbuh setiap tahunnya.

"Iya, kita optimis bisa terus growing. Karena setiap tahunnya memang berpotensi mengalami peningkatan," kata Emirsyah di sela-sela penyelenggaraan Sidang Tahunan Grup Bank Pembangunan Islam (IDB) ke 41.

Emirsyah menjelaskan, untuk mengembangkan keuangan syariah di Indonesia, pihaknya telah melakukan kesepakatan kerja sama dengan IDB yang mencakup sosialisasi produk maupun layanan kepada dunia usaha maupun masyarakat luas.

Menurut dia, tidak hanya tentang pengetahuan dan sosialisasi saja yang harus diupayakan agar keuangan syariah di Indonesia bisa terus berkembang, tetapi banyak hal juga harus diperhatikan.

Beberapa di antaranya terkait pengadaan sumber daya manusia yang memadai, penyediaan fasilitas yang bisa dinikmati oleh nasabah dan jangkauan jaringan kantor yang luas untuk mendukung berkembangnya industri ini.

"Dalam perspektif bisnis, orang akan memakai suatu produk atau jasa jika itu dinilai lebih mudah, lebih murah dan lebih efisien. Sehingga kita juga bisa lebih mudah dan tahu bagaimana cara menjualnya," jelasnya.

Secara keseluruhan, ia menambahkan, standar keuangan syariah perlu lebih dipahami lebih jauh agar berguna tidak hanya bagi para praktisinya, tetapi juga bagi para pengguna.

Salah satu caranya adalah dengan mengadaptasi dan menyesuaikan penggunaan istilah dalam keuangan syariah ke bahasa Indonesia atau bahasa lokal negara-negara anggota agar bisa dicerna lebih mudah oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Emirsyah mengatakan berbagai inovasi produk dalam industri keuangan syariah juga perlu ditingkatkan lebih jauh dan memadai bagi konsumen.

Kadin, tambah dia, akan mempromosikan keuangan syariah ke asosiasi-asosiasi bisnis anggota Kadin serta Kadin-Kadin daerah di seluruh Indonesia karena industri ini memiliki prospek bagus untuk mendukung UMKM dan sektor industri halal.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016