Jakarta (ANTARA News) - Kemacetan menjadi persoalan kompleks di Ibu Kota Jakarta, sehingga dibutuhkan solusi yang drastis untuk mengatasinya, kata Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerakan Indonesia Raya Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya kepikiran moratorium mobil baru. Produksi boleh saja, tapi di Jakarta, khususnya plat B jangan ditambah dulu," ujar Sandiaga Uno saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Menurut Sandi, jumlah kendaraan yang berlebih di Jakarta dan belum adanya transportasi publik yang memadai menjadi biang keladi kemacetan lalu lintas di kota ini.

Ia menambahkan, hal tersebut diperparah dengan  jumlah kendaraan yang terus mertambah tidak dibarengi dengan bertambahnya jumlah pembangunan jalan.

Sandi menyadari, bahwa ide tersebut akan mendapat penolakan dari berbagai pihak, namun ia akan mencari solusi lain untuk menyelesaikan penolakan tersebut.

"Ini pasti ada yang teriak nih, industri otomotif kan. Kan harus ada give and take, kuncinya adalah kepemimpinan. Itu juga merupakan pendapat para ahli, nanti kita pikirkan soal penyerapan tenaga kerja dan sebagainya," kata Sandi.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016