Bandara Tolmachevo, Rusia (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo telah singgah di Bandara Tolmachevo, Rusia dalam perjalanan menuju Kota Sochi untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

Menurut pantauan Antara di bandara itu pada Rabu siang, dalam penerbangan tersebut Presiden didampingi oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong serta Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi yang menumpang pesawat kepresidenan Indonesia Satu lepas landas dari Lanud Seoul, Kota Seongnam, Korea pada sekitar pukul 07.45 waktu Seoul (05.45 WIB).

Perjalanan menuju Tolmachevo yang terletak di wilayah Novosibirsk memakan waktu sekitar 4,5 jam.

Saat kedatangannya di Tolmachevo, Presiden RI disambut oleh Gubernur Novosibirsk beserta beberapa petinggi lembaga keamanan di wilayah itu.

Presiden beserta rombongan singgah selama sekitar 1 jam untuk pesawat melakukan pengisian ulang logistik.

Selama persinggahan itu, Presiden beserta rombongan merasakan udara dingin Novosibirsk yang mencapai 9 derajat celcius pada siang hari.

Usai pengisian kebutuhan pesawat selesai, Presiden beserta rombongan lepas landas meninggalkan Tolmachevo menuju Sochi.

Agenda pertama Presiden setibanya di Sochi adalah melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut Menlu Retno, pertemuan tersebut akan berlangsung sekitar 2 jam yang akan membahas mengenai kerja sama kedua negara di bidang ekonomi, politik maupun pertahanan dan keamanan.

Selain itu, pada Kamis (19/5) Presiden akan menghadiri KTT ASEAN-Rusia yang diselenggarakan di Black Sea Resort.

Konferensi yang pertama kali diselenggarakan pada 2005 itu akan membahas kerja sama ekonomi, politik serta arsitektur keamanan regional.

Menurut Retno, Rusia akan mencoba mendekatkan sejumlah organisasi regional yang ada di sekitar negeri Beruang Merah dengan ASEAN.

Sebelumnya pada 15-18 Mei 2016, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Seoul, Korea menemui Presiden Park Geun-hye dan melakukan sejumlah pertemuan bisnis dengan pengusaha asal Korsel.

Dalam kunjungan tersebut dicapai kerja sama investasi serta bisnis senilai 18 miliar dolar AS dan beberapa penjajakan kerja sama investasi di bidang ekonomi kreatif.

Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Jumat depan dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada 21 Mei 2016 sekitar pukul 11.00 WIB. ***2***



(T.B019/



(T.B019/B/H015/H015) 18-05-2016 19:10:13

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016