Larantuka, Nusa Tenggara Timur (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan, balap sepeda internasional lintas Pulau Flores (Tour de Flores) 2016 akan menjadi agenda tetap setiap tahun.

"Saya baru saja dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, dan Pak Menteri menyetujui Tour de Flores menjadi event (kegiatan) tetap tahunan," kata Lebu Raya pada acara pelepasan lomba balap sepeda internasional di Larantuka, Kamis.

Gubernur meminta para bupati se-daratan Pulau Flores mulai dari Lembata, Flores Timur, Maumere, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggari Timur, Manggarai dan Manggarai Barat untuk mempersiapkan diri lebih awal.

"Tahun ini persiapannya sangat singkat. Mungkin banyak kekurangan tetapi kita berharap tahun 2017 nanti lebih baik lagi," katanya.

Gubernur juga meminta masyarakat untuk ikut berpartipasi, terutama menjaga suasana dan kenyamanan pada setiap etape yang akan dilalui peserta lomba.

"Saya datang ke Larantuka dengan membawa serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Saya ingin memastikan bahwa suasana tetap aman dan kondisi selama penyelenggaraan. Tidak boleh ada sesuatu apa pun yang mengganggu keamanan," katanya.

Lomba sepeda internasional lintas Pulau Flores itu dilepas Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli dengan titik star di depan Kantor Bupati Flores Timur tepat pukul 09.00 WITA.

Para peserta yang berjumlah 20 tim dari 26 negara ini akan melakukan perjalanan pada etape pertama dari lima etape sejauh 148 km dari Larantuka-Maumere.

Tour sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) yang diikuti 20 tim pebalap dari 26 negara itu akan menjadi ajang lomba paling menantang seperti Tour de Singkarak dan Tour Banyuwangi.

Lintasan lomba sepanjang 615 km akan start dari Kota Larantuka, Flores Timur dan finish di Labuan Bajo pada 26 Mei 2016. Acara itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Berikut lima etape yang dilewati peserta:

1. Larantuka-Maumere menginap di Maumere.
2. Kota Maumere-Ende.
3. Ende-Bajawa.
4. Bajawa-Ruteng.
5. Ruteng-Labuan Bajo.

Pada setiap etape, para peserta akan mendapat hiburan dari anak-anak daerah yang akan menggelar berbagai acara kesenian.


Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016