Makassar (ANTARA News) - Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Perdagangan Luar Negeri Karyanto Suprih menyebutkan stok pangan di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang paling aman se-Indoneaia.

"Stok pangan di Sulsel berdasarkan laporan itu yang paling aman se -Indonesia dan kondisi ini bisa dimanfaatkan dengan mensuplai sebagian stok ke daerah terdekat lainnya," ujarnya usai membuka pasar murah gula pasir di Makassar, Kamis.

Karyanto yang juga Irjen Kementerian Perdagangan itu mengatakan, stok pangan diseluruh Indonesia saat ini masih cukup untuk hingga bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Namun diakuinya, ada beberapa daerah lainnya itu yang stok pangannya hanya bertahan untuk satu atau dua bulan, tetapi di Sulawesi Selatan stok pangan bisa bertahan hingga setahun.

Dengan kondisi stok pangan yang melimpah di Sulsel memungkinkan untuk mengirimkan sejumlah bahan pokoknya itu ke daerah lainnya yang memang stoknya menipis.

"Stok di sini melimpah dan itu sangat membantu masyarakat Sulsel, bahkan yang di daerah lainnya juga. Stoknya bisa dialihkan ke daerah lainnya juga," katanya.

Kepala Cabang PT PPI Makassar, Mayer Simanjuntak mengatakan, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menggelar pasar murah khusus untuk komoditi gula pasir jelang bulan puasa Ramadhan 1437 Hijriyah di Makassar.

"Ini adalah komitmen kami di PPI terhadap masyarakat mengenai kebutuhan gula pasir yang akan dikonsumsi perharinya," ujarnya.

Disebutkannya, pasar murah yang digelar PT PPI di Kota Makassar ini rangkaian dari kegiatan pasar murah diberbagai daerah seperti Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Madiun, Bali, Aceh, Pelembang.

Mayer mengaku jika, PPI yang merupakan perusahaan di bawah naungan BUMN itu punya komitmen bersama dengan pemerintah tetap menyiapkan gula pasir kristal putih untuk ketersediaan stok.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Di sini saja, di tempat ini tanpa sosialisasi langsung kita gelar pasar murahnya, dalam waktu sejam saja sudah habis dua ton gulanya," sebutnya.

PPI menyebutkan bahwa harga gula kristal putih PPI untuk pulau Jawa dijual dengan kisaran harga RP11.500 sampai dengan Rp12.000 dan di luar Pulau Jawa antara Rp12.000 sampai Rp12.500.

Karena itu, PPI sebagai stabilisator harga gula kristal putih melalui konsep patokan harga (benchmark) untuk seluruh Indonesia dapat meringankan daya beli masyarakat pada saat puasa dan lebaran.

Disebutkannya, jelang puasa dan lebaran ini PPI akan mendistribusikan 190.000 ton gula kristal putih, secara bertahap melalui seluruh jaringan perdagangan PPI.

Beberapa jaringan seperti outlet/toko PPI sebanyak 6000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan bersinergi dengan BUMN lain, antara lain Sucofindo

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016