Sleman (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meresmikan peluncuran album perdana dari maestro Karawitan Indonesia Ki Tjokrowasito di Karanganyar, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis malam.

Album lagu-lagu dan gamelan Jawa yang bertajuk "Splendor of the Moon, Gamelan Masterpiece of Ki Tjokrowasito" tersebut dirilis oleh Masyarakat Karawitan Jawa.

Album tersebut berisi "gending-gending" dan gamelan Jawa yang diciptakan Ki Jokrowasito sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang hingga masa kemerdekaan di era Orde Lama hingga Orde Baru.

"Karya-karya beliau Ki Tjokrowasito memang sangat luar biasa, sehingga kami dari Masyarakat Karawitan Jawa (MKJ) berinisiatif untuk mengumpulkan kembali dan mendokumentasikan karya-karya beliau dalam bentuk album ini," kata penggiat MKJ Siswadi.

Menurut dia, Ki Tjokrowasito merupakan empu di bidang karawitan dan karya-karyanya banyak mendapat pengakuan dan penghargaan.

"Beliau memang lebih banyak tinggal dan mengajar karawitan di Amerika Serikat. Bahkan di negara tersebut Ki Tjokrowasito mendapat penghargaan sebagai maestro dan disejajarkan dengan pemusik klasik lainnya seperti Mozart," katanya.

Ia mengatakan, Tjokrowasito juga mendapat penghargaan dari UGM Yogyakarta maupun dari Dewan Kesenian Pemda DKI Jakarta.

"Selain itu banyak pula penghargaan dari penggiat seni budaya di Tanah Air maupun negara lain," katanya.

Sedangkan Mendikbud Anies Baswedan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap karya-karya Ki Tjokrowasito.

"Ini merupakan satu langkah yang baik untuk memberikan penghargaan tinggi kepada Maestro Karawian Indonesia ini," katanya.

Anies berharap, upaya-upaya untuk melestarikan seni dan budaya tanah air terus dilakukan oleh berbagai pihak dan lapisan masyarakat.

Dalam peluncuran album Ki Tjokrowasito tersebut juga dihadiri sejumlah murid-murid beliau termasuk beberapa murid dari Amerika Serikat.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016