Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai keputusan Kementerian Perhubungan membekukan sementara izin kegiatan pelayanan penumpang dan bagasi PT Lion Group dan PT Indonesia AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu, sudah tepat.

"Mestinya pemerintah menegakkan hukum. Saya kira sudah tepat apa yang menjadi keputusan Kementerian Perhubungan itu," kata Fadli Zon seusai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat.

Mengenai adanya upaya perlawanan dari salah satu maskapai itu, Fadli mengaku tak ingin terlalu mempermasalahkannya.

"Jadi kalau ada upaya perlawanan hukum, ya silahkan saja. Tetapi saya kira kesalahannya sudah jelas. Hal-hal seperti ini tentu pihak kepolisian harus melihat dengan proporsional bahwa memang perlu ada satu sanksi terhadap maskapai tersebut," kata dia. "(Pelaporan dari Lion) harus dihadapi. Kita tidak bisa melarang orang untuk melakukan pembelaan hukum. Tetapi saya kira apa yang sudah dilakukan kemenhub sudah tepat," tambah politisi partai Gerindra itu.

Dia juga berharap masalah ini tak menyeret pada masalah lainnya, seperti persoalan pemutusan hubungan tenaga kerja. Pihak maskapai maupun pemerintah, lanjut Fadli sebaiknya mencari solusi terbaik. "Ya ini kan risiko. Tetapi tidak bisa sebuah aturan tidak ditegakkan karena diancam dengan persoalan yang tidak ada hubungannya samasekali, termasuk persoalan tenaga kerja. Jadi kita tidak boleh permisif. Kalau mau menegakkan hukum ya tegakkan saja. Walaupun ada pertimbangan-pertimbangan itu, ya dicari solusinya," pungkas dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016