Jakarta (ANTARA News) - DPR mendorong diplomasi kebudayaan yang efektif karena Indonesia memilki kebudayaan yang sangat elok, beragam dan indah, kata  Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat menerima kunjungan Grup Sumbar Talenta di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat.

Kunjungan ini dimaksudkan juga untuk meminta dukungan DPR karena sebanyak 20 orang delegasi Indonesia akan mengikuti Festival Tong Tong ke  luar negeri. Melalui festival itu dinilai baik karena mampu membawa indonesia dalam kegiatan diplomasi internasional.  

“Kita selalu mendukung upaya yang dilakukan oleh masyarakat bertalenta yang akan membawa misi kebudayaan ke Zimbabwe dan Belanda dalam Festival tong tong ini,” ujar Fadli.

Menurut Fadli,  festival ini sangat baik baik karena membawa nama bangsa Indonesia dalam kegiatan diplomasi kebudayaan. Sehingga patut didukung.

Politisi Gerindra ini juga mendukung diplomasi kebudayaan sebagai bentuk upaya yang sangat bagus untuk dilakukan oleh Indonesia yang memiliki keindahan budaya.

“Kita bisa lebih mudah melakukan diplomasi kebudyaan dengan pendekatan seni budaya kita yang sangat elok, beragam dan indah. Kita juga memiliki anak remaja yang mempunyai talenta besar seperti penyanyi, koreotari dan lain-lain,” ujar Fadli.

Fadli juga menjelaskan bahwa DPR juga memiliki peran dalam diplomasi internasional, salah satunya melalui diplomasi parlemen. “Dalam berbagai kegiatan Kita juga selalu mendukung diplomasi parlemen. Kita juga selalu menampilkan budaya Indonesia dalam berbagai event internasional yang diselenggarakan DPR,” tuturnya.

Terkait dengan Festival Tong-Tong, Fadli menjelaskan selain perhatian Zimbabwe terhadap Indonesia cukup besar, kegiatan ini juga sangat menarik. “Jadi saya kira ini akan menjadi event yang menarik. Perhatian Zimbabwe pada Indonesia juga cukup bagus,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, Fadli juga menyampaikan pesan pentingnya hari kebangkitan nasional (Harkitnas) ke 108 ini., menurutnya Harkitnas adalah momentum penting dalam sejarah Indonesia. Karena ini sebagai pergolakan sejarah yang membangkitkan kesadaran terhadap pendidikan dan pencerahan bangsa untuk mencapai kemerdekaan.

“Hari kebangkitan nasional adalah hari yang sangat penting karena pada saat itu ada kebangkitan kesadaran tehadap pendidikan dan pencerahan bangsa menuju kemerdekaan. Ini diibaratkan sebagai bedug untuk kesadaran nasional dan membangkitkan organisasi-organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan,” katanya.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016