New Delhi (ANTARA News) - Sebuah kota di bagian utara India memecahkan rekor panas nasional, mencatatkan suhu membakar 51 derajat Celsius, angka tertinggi sejak pencatatan dimulai menurut badan meteorologi negara itu pada Jumat.

Rekor baru di Phalodi, sebuah kota di negara bagian gurun Rajasthan, setara dengan 123,8 Fahrenheit dan terjadi saat gelombang panas melanda negeri tersebut.

Angka itu melampaui rekor 50,6 derajat Celsius pada 1956.

"Kemarin (Kamis) merupakan suhu terpanas yang pernah tercatat di negeri ini... 51 derajat di Phalodi," kata B.P. Yadav, direktur Departemen Meteorologi India kepada AFP pada Jumat.

Suhu di bagian utara India sering mencapai 40-an derajat Celcius pada Mei dan Juni -- bulan terpanas dalam setahun -- tapi melampaui angka 50 derajat itu luar biasa.

Badan meteorologi sudah mengeluarkan peringatan kondisi "gelombang panas dahsyat" di sebagian besar wilayah di India utara dan barat selama akhir pekan.

India menyatakan kondisi gelombang panas ketika suhu maksimum menyentuh 45 derajat Celsius, atau lima derajat lebih tinggi dari rata-rata suhu area pada tahun-tahun sebelumnya.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016