Penukal Abab, Sumsel (ANTARA News) - Jalan lintas penghubung antara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dengan Kabupaten Musibanyuasin Sumatera Selatan, Jumat pukul 04.30 WIB mengalami lumpuh total, akibat mobil angkutan batu bara terpesosok ke dalam lubang sedalam satu meter.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kondisi jalan itu mengakibatkan macet total sepanjang tiga Kilometer, karena tidak bisa dilalui kendaraaan roda empat, sehingga membuat warga setempat maupun pengguna jalan mengeluhkan hal tersebut

Menurut Amri (35), warga setempat berupaya memasang papan untuk mengeluarkan kendaraan dumtruck milik PT EPI yang terperosok dengan kapasitas muatan melebihi tonase itu, akibatnya jalan tersebut mengalami kerusakan berat membentuk lobang semakin dalam sehingga sulit untuk dilalui kendaraan

"Truk batu bara milik PT EPI ini kapasitas muatan melebihi tonase, akibatnya jalan rusak tambah parah, sehingga warga harus bergotong royong mengeluarkan kendaraan dengan meratakan tanah menggunakan alat cangkul dan memasang papan," kata Amri.

Kepala Desa Benuang, Remi mengatakan jalan lintas provinsi tersebut sering rusak karena kendaraan angkutan batu bara PT EPI melintas dengan kapasitas muatan melebihi tonase.

"Kami meminta pihak perusahaan tolong perbaiki jalan yang rusak akibat dilalui kendaraan pengangkut batu bara tersebut," Katanya.

Humas PT EPI, Bambang Krisna mengatakan akan bertangung jawab atas rusaknya jalan di Desa Benuang tersebut.

"Kami dari pihak perusahaan akan segera memperbaikinya, apa lagi jalan tersebut rusak akibat dilalui kendaraan angkutan batu bara milik PT EPI," ujarnya.

Pewarta: Banu S*Muhammad Suparni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016