Perbaharui semangat kita semua untuk bergotong royong dalam menjadikan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan momentum untuk memperbaharui semangat menjadikan Indonesia semakin berdaulat.

"Perbaharui semangat kita semua untuk bergotong royong dalam menjadikan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian," kata Puan Maharani melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut disampaikan Puan pada upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016 dan sekaligus Puncak Acara Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat dan Bhakti PMK 2016 yang dilaksanakan di Stadion Triton, Kaimana, Papua Barat.

"Untuk mewujudkan Indonesia yang bekerja nyata, mandiri dan berkarakter, diperlukan kepeloporan dalam diri masing-masing," katanya.

Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016 yakni "Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter".

Terkait Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat dan Bhakti PMK 2016, Puan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindakan nyata Pemerintah untuk menghadirkan negara.

"Ini bentuk kehadiran negara dalam melindungi segenap bangsa, membangun Indonesia dari wilayah pinggiran, melakukan revolusi karakter bangsa dan memperteguh kebhinekaan bangsa Indonesia," katanya.

Menko juga menyatakan kebanggaan dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras semua pihak termasuk peserta NKRI Koridor Papua Barat dan Bhakti PMK.

Sementara itu, menko juga mengatakan bahwa Kabupaten Kaimana memiliki nilai sejarah dalam perjuangan menjaga keutuhan NKRI.

Puan berharap peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kaimana dapat menjadi momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk bersemangat dalam berperan serta membangun bangsa.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016