Samarinda (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memprogramkan pembangunan sebanyak 2.000 unit rumah layak huni untuk keluarga miskin di sejumlah daerah pada 2017.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Taufik Fauzi melalui Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Dinas PU Kaltim Hendra Irpani dalam penjelasan tertulis di Samarinda, Jumat, mengatakan pembangunan rumah layak huni tersebut berupa rumah swadaya, rumah khusus dan rumah susun.

Pembangunan rumah layak huni itu tersebar di lima kabupaten/kota, antara lain Samarinda, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

"Selain itu, Pemprov Kaltim juga akan membangun rumah susun dan rumah khusus di kota Samarinda," katanya.

Ia menjelaskan rumah khusus yang dibangun di Kota Samarinda tersebut untuk relokasi rumah-rumah warga yang berada di bantaran Sungai Karang Mumus yang saat ini sudah terbangun sebanyak 200 unit.

Sedangkan untuk pembangunan rumah susun rencananya untuk karyawan rumah sakit di Kabupaten Kutai Kartanegara dan para nelayan di Penajam Paser utara.

"Pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin ini merupakan salah satu program prioritas Pemprov Kaltim untuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2018," tambahnya.

Ia menambahkan program ini sudah berjalan sejak 2009 dan hingga 2013 sudah terbangun sebanyak 5.000 unit rumah layak huni untuk warga miskin.

"Kami menargetkan sebanyak 10.000 unit rumah layak huni untuk keluarga miskin bisa terbangun hingga 2018," katanya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016