Jakarta (ANTARA News) - Aktor peraih anugerah Emmy, Alan Young, yang kesohor memerankan pemilik seekor kuda yang bisa berbicara pada sitcom terkenal 1960-an "Mister Ed" dan bintang film fiksi ilmiah klasik "The Time Machine," meninggal dunia dalam usia 96 tahun.

Young, yang juga mengisi suara untuk karakter-karakter kartun termasuk Scrooge McDuck produksi Disney, meninggal dunia karena sebab alamiah pekan ini di Motion Picture & Television Country House and Hospital yang adalah fasilitas untuk para purna-artis film dan industri televisi di Los Angeles, kata manajernya, Gene Yusem.

Aktor kelahiran Inggris yang terkenal berkat perannya sebagai Wilbur Post, arsitek santun yang hidup bersama dengan seekor kuda cerewet dalam "Mister Ed" yang masih mengudara setengah abad setelah edisi aslinya tayang terakhir di CBS.

Serial yang mengikuti keberhasilan film "Francis The Talking Mule" itu melibatkan karakter kuda bernama Mister Ed yang hanya berbicara kepada seorang saja, Wilbur.

Selama berdekade-dekade setelah tayangan itu berakhir, Young mengaku sering terganggu oleh pertanyaan pengemar mengenai bagaimana membuat mulut kuda bergerak seperti Mister Ed saat berbicara. Young menjawab bahwa produser acara tak mau mengungkapkan rahasia itu.

"Kemudian saya mengarang cerita selai kacang (yang katanya dikunyah Mister Ed), dan semua orang percaya itu," kata Young kepada pewawancara bernama Nick Thomas pada 2009.

Serial ini tayang dari 1961 sampai 1966 yang turut dibintangi Connie Hines sebagai istri Wilbur dan Allan Lane sebagai pengisi suara Mister Ed.

Young mendapat Emmy Award pada 1951 sebagai aktor terbaik pada tayangan televisi "The Alan Young Show" yang mengalahkan Sid Caesar yang waktu itu bernama besar dalam dunia televisi AS.

"The Alan Young Show" memenangkan Emmy untuk kategori variety show terbaik tahun itu dan tayang dari 1950 sampai 1953.

Young juga muncul dalam film garapan sutradara George Pal berjudul The Time Machine" yang diangkat dari novel 1960 karangan H.G. Wells. Dia membintangi Rod Taylor si penjelajah waktu.

Film-film Young lainnya adalah "Chicken Every Sunday" (1949) bersama Natalie Wood, "Mr. Belvedere Goes to College" (1949) bersama Shirley Temple dan "Androcles and the Lion" (1952).

Sebagai aktor pengisi suara, Young mengisi suara Scrooge McDuck, selain juga dalam "The Smurfs" dan "Scooby-Doo."

Dia terlahir dalam nama Angus Young di Inggris pada 19 November 1919. Keluarganya pindah ke Kanada saat dia berusia 6 tahun. Dia pernah bekerja di radio di Kanada sebelum pindah ke Los Angeles dan berganti nama menjadi Alan. Dia menjadi warga naturalisasi AS.

Yusem, yang menjadi manajernya selama lebih dari 30 tahun, mengatakan Young dikubur di laut.

"Dia orang yang jujur dan rendah hati, menyenangkan bekerja dengan dia dan tidak pernah bermasalah," kata  Yusem kepada Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016