Kita benar-benar harus mengawasi Hendry."
New York (ANTARA News) - Kota New York penuh dengan keanehan yang bisa membuat orang-orang tercengang. Ketika Henry si kura-kura dibawa berjalan-jalan dengan menggunakan kereta dorong bayi di Central Park minggu ini, banyak kepala menoleh ke arahnya.

Henry, kura-kura darat jenis sulcata dan berbobot 7,7 kilogram, adalah binatang peliharaan Amanda Green. Perempuan berusia 24 tahun itu tinggal di Harlem di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya Henry hanya kura-kura biasa yang tidak terkenal, sampai akhirnya Amanda mengiklankan di laman Craigslist bahwa dirinya mencari orang yang akan dipekerjakan untuk membawa kura-kura berjalan-jalan.

Masyarakat New York selama ini telah begitu terbiasa dengan pekerjaan sebagai pembawa anjing jalan-jalan, namun tidak demikian halnya dengan pembawa kura-kura. Jadi, Amanda saat itu tidak berpikir akan mendapatkan banyak tanggapan terhadap iklan yang dipasangnya.

Ternyata, iklan Amanda menyebar ke mana-mana dan ratusan orang dari berbagai belahan dunia ingin mengisi lowongan pekerjaan yang ditawarkannya dengan imbalan 10 dolar AS (setara Rp136.000) per jam.

"Sama saja dengan orang yang punya anjing, mereka akan mencari seseorang untuk membawa anjingnya berjalan-jalan. Saya pikir, kenapa tidak, mempekerjakan orang untuk membawa kura-kura jalan-jalan?" kata Amanda dalam wawancara dengan Reuters TV.

Penulis mode dan pemilik laman kecantikan itu pun menimpali, "Akhirnya mengalir begitu saja ... saya menerima tanggapan dari sekitar 500 orang."

Lowongan pekerjaan itu akhirnya diisi oleh Amalia McCallister, yang pernah bekerja di sebuah toko perlengkapan hewan peliharaan.

"Kita benar-benar harus mengawasi Henry," kata Amalia.

Ia menggambarkan tugasnya sebagai pekerjaan yang menyenangkan dan tidak terlalu berat.

"Saya masih bisa sambil membaca buku, tapi tetap harus memastikan bahwa Henry tidak makan sesuatu yang berbahaya," ujarnya.

Kura-kura sulcata berasal dari bagian utara Afrika Tengah, namun binatang itu bisa menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan yang berbeda. Sebagian besar dari kura-kura tersebut termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora).

Henry, yang dibawa dengan kereta bayi dan kemudian diturunkan untuk berkeliaran secara bebas, menyukai taman, terutama rumput-rumputan.

Kini Henry memiliki kelompok penggemar. Ia sudah mengumpulkan lebih dari 5.000 pengikut di Instagram dan mendapatkan 300 jempol suka di Facebook pada profilnya "The Notortoise BIG".

Nama profilnya itu diambil dari nama panggung mendiang penyanyi rap Christopher Wallace, yang menyebut dirinya sendiri sebagai Biggie Smalls dan The Notorious B.I.G.

Amanda mengadopsi Henry beberapa tahun lalu dari seorang peremupan yang tidak mampu mengatur keluarganya yang makin bertambah dengan kehadiran sang kura-kura.

Ia mengatakan, Henry adalah hewan yang bersahabat dan kerap penasaran namun memerlukan banyak perhatian.

Amanda mengatakan, mengetahui bahwa suatu hari Henry akan tumbuh melampaui kapasitas apartemennya.

Panjang tubuh kura-kura sulcata jantan bisa mencapai lebih dari 76 sentimeter dan berbobot hingga 90 kilogram


Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016