Kunshan, Tiongkok (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda putri Korea Selatan Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan berhasil menyeimbangkan kedudukan tim Korea 1-1 dengan tim Tiongkok dalam pertandingan final Piala Uber 2016 yang berlangsung di Stadion Bulu Tangkis, Kunshan, Tiongkok, Sabtu.

Pasangan Jung/Shin yang turun pada partai kedua berhasil memaksa ganda putri pertama Tiongkok Tian Qing/Zhao Yunlei untuk melepaskan laga partai kedua. Jung/Shin yang menempati peringkat enam dunia itu menang 16-21, 21-17, 25-23 dalam laga selama 94 menit.

Kedua pasangan seakan enggan merelakan laga ganda pertama itu setelah masing-masing meraih satu game. Jung/Shin dan Tian/Zhao saling beradu kuat pada game ketiga sebagai game penentuan.

Namun, Korea yang tampil lebih sabar berhasil menghempaskan optimisme Tiongkok yang tampil di depan pendukungnya dan menang 25-23.

"Hari ini, lawan kami bermain sangat baik. Kami memang punya peluang, tapi kami tidak mampu menambah poin," kata Tian Qing.

Kemenangan ganda Korea itu tercatat sebagai kemenangan pertama mereka atas Tian/Zhao dengan kedudukan menjadi 1-2.

Pada partai pertama, atlet tunggal putri tim Uber Tiongkok Li Xuerui berhasil menumbangkan wakil Korea Selatan Sung Ji Hyun 14-21, 21-13, 21-10.

Xuerui tercatat meraih 12 kemenangan dari 13 pertemuan dengan Sung Ji Hyun. Pertandingan pada final Piala Uber 2016 itu menjadi kemenangan ke-13 Xuerui atas Sung.

Tim Uber Tiongkok masih berpeluang menambah dominasi atas tim Negeri Ginseng jika Wang Shixian yang turun pada partai ketiga dapat melibat Kim Hyo Min.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016